KUALITAS AIR DAN STATUS MUTU SUMBER AIR DI AREA TAMBAK KABUPATEN PATI (STUDI DI DESA TUNGGUL SARI DAN DESA SAMBIROTO KECAMATAN TAYU)

Hermain Teguh Prayitno

Abstract


Kasus kematian ikan nila terjadi di beberapa area tambak di Kabupaten Pati, antara lain di area tambak Desa Tanggul Sari dan Desa Sambiroto Kecamatan Tayu. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis kualitas air tambak di lokasi terjadinya kematian ikan dan (2) untuk menganalisis status mutu sumber air di lokasi terjadinya kematian ikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan berupa data kualitas air tambak dan sumber air (air sumur dan saluran air) tahun 2017 dari DKP Kab. Pati. Lokasi penelitian di Desa Tanggul Sari yaitu 2 stasiun tambak (ST), 1 stasiun sumber air (SS) dan Desa Sambiroto yaitu 6 stasiun tambak, 2 stasiun sumber air Kecamatan Tayu. Analisis data (1) kualitas air tambak dengan membandingkan kriteria kualitas air untuk budidaya tambak Dirjenkan dan Puslitbangkan dalam PerMen PU No. 16 tahun 2011, (2) analisis status mutu sumber air dengan menggunakan metode indeks pencemaran KepMenLH No. 115 tahun 2003.  Hasil Penelitian adalah (1) Parameter kualitas air yang tidak memenuhi kriteria di lokasi penelitian (a) Desa Tunggul Sari yaitu suhu di ST1, salinitas di semua stasiun dan pH di ST1, sedangkan (b) Desa Sambiroto yaitu DO di ST6, salinitas di semua stasiun, pH di SS1, SS2, ST1, ST3, ST5 dan ST6.  (2) status mutu sumber air semua stasiun di lokasi penelitian adalah tercemar ringan

Keywords


kualitas air, status mutu, sumber air, tambak

Full Text:

PDF

References


Astuti, A. D. dan Damayanti, H. O. 2012. Analisis Kualitas Air dan Beban Pencemaran Air Limbah Tapioka (Studi Kasus Di Sungai Suwatu, Margoyoso). Laporan Penelitian. Pati : Kantor Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Pati.

Astuti, M. Y., Damai, A. A. dan Supono. 2016. Evaluasi Kesesuaian Perairan untuk Budidaya Ikan Nila (Oreochromis niloticus) di Kawasan Pesisir Desa Kandang Besi Kecamatan Kota Agung Barat Kabupaten Tanggamus. e-Jurnal Rekayasa dan Teknologi Budidaya Perairan, Vol. V No.1 Hal 621-630, Oktober. ISSN : 2302-3600.

Azwar, Saifuddin. 2003. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Pati. 2017. Pati Dalam Angka Tahun 2016. Pati.

Damayanti, H. O. 2013. Komoditas Perikanan di Kabupaten Pati. Jurnal Litbang. Vol. IX No. 2 Hal 98-106, Agustus. ISSN : 1978-2306.

Damayanti, H. O. 2013. Kualitas Air Tambak, Kasus Kematian Ikan dan Tinjauan Ekonomi Budidaya Tambak di Desa Bulumanis Kidul Kecamatan Margoyoso. Seri Bunga Rampai : Pembangunan Daerah Berkelanjutan di kabupaten Pati. Pati : CV. Mitra Sejati.

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati. 2017. Laporan Kegiatan Monitoring Kasus Kematian Ikan Nila di Kabupaten Pati. Jepara : BBPBAI Jepara Dirjen Perikanan Budidaya KKP.

Effendi, H. 2003. Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Yogyakarta : Kanisius.

Handajani, Hany. 2010. Kandungan Logam Berat Pada Contoh Air Dan Ikan Budidaya Di Perairan Situbondo. Naskah Publikasi. Jurusan Perikanan Fakultas Peternakan Perikanan Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.

Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 115 Tahun 2003 tentang Pedoman Penentuan Status Mutu Air.

Kordi, M. G. H dan Tancung, A. B. 2007. Pengelolaan Kualitas Air Dalam Budi Daya Perairan. Jakarta : Rineka Cipta.

Minawati, L. F. 2013. Budidaya Ikan Air Tawar di Desa Selajambe Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi FPIPS. Bandung: Universitas Pendidikan.

Peraturan menteri Pekerjaan Umum Nomor 16/PRT/M/2011 tentang Pedoman Operasi Dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi Tambak

Perda Kab. Pati. Nomor 4 Tahun 2003 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Laut.

Oktaviana, H. 2008. Pengaruh Kontraksi Penampang Saluran terhadap Kualitas Fisik Air Sungai Studi Kasus: Sungai Sugutamu. Skripsi. Departemen Teknik Sipil. Depok : Universitas Indonesia.

Retnaningdyah, C., Marwati, U., Soegianto, A., Irawan, B. 2011. Media Pertumbuhan, Intensitas Cahaya Dan Lama Penyinaran Yang efektif Untuk Kultur Microcystis Hasil Isolasi Dari Waduk Sutami Di Laboratorium. JBP. Vol 13 No 2 Hal 123-130 Mei.

Vegantara, D. A. 2009. Pengolahan Limbah Cair Tapioka Menggunakan Kotoran Sapi Perah Dengan Sistem Anaerobik. Skripsi. Departemen Ilmu Produksi Dan Teknologi Peternakan Fakultas Peternakan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.