ANALISIS DAMPAK FUNGSIONAL KEBERADAAN HUTAN MANGROVE

Yuyun Suprapti, Achmad Sudianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak fungsional tentang keberadaan tanaman mangrove, terhadap abrasi yang terjadi di sepanjang sisi utara Kabupaten Tuban Pengikisan pantai bertambah parah seiring dengan bertambahnya bermacam-macam aktifitas warga dan keberadaan Industri di beberapa wilayah sisi utara Kabupaten Tuban. Pada sektor budidaya perikanan banyak para pelaku usaha budidaya yang menutup tambaknya karena pohon bakau yang berfungsi sebagai penangkal arus air laut hilang ditebang secara liar. Metode yang digunakan adalah survey dengan kuisioner, metode Sistem Informasi Geografis (GIS) digunakan untuk membaca peta topografi tentang pergeseran garis pantai. Analisis data menggunakan semantic diferensial. Sumber data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data primer diperoleh langsung didaerah penelitian dengan cara wawancara menggunakan kuisioner dan observasi (pengamatan). Observasi dimaksudkan untuk memperoleh gambaran tentang lokasi, keadaan lingkungan kawasan hutan mangrove, wawancara dilakukan untuk mendapatkan keterangan dan informasi secara lisan dari responden mengenai karakteristik, pola pemanfaatan, dan peran serta masyarakat dalam pengelolaan potensi hutan mangrove sesuai dengan pertanyaan yang diajukan. Data sekunder berupa data kondisi hutan mangrove, keadaan demografi dan geografi, serta keberadaan sarana dan prasarana yang terkait dengan pengelolaan tanaman mangrove yang diperoleh dari lembaga dan instansi yang terkait. Adapun manfaat dari penanaman kembali mangrove-magrove adalah untuk memperbaiki ekosistem yang sudah rusak, memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar lokasi konservasi pada khususnya dan masyarakat Tuban pada umumnya. Dampak positif yang timbul secara fungsional yaitu menjaga garis pantai, menjaga ekosistem pantai yang merupakan tempat hidup berbagai macam biota laut. Hasil kuisioner dampak keberadaan tanaman mangrove secara fungsional menunjukkan rata-rata 6,05 artinya berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. Maka dapat disimpulkan bahwa perlu dilakukan sosialisasi/penyuluhan, pembinaan dalam pemanfaatan tanaman mangrove secara serius dengan dukungan dari pemerintah daerah melalui Dinas yang terkait.

Keywords


Abrasi, Mangrove, Dampak Fungsional

Full Text:

PDF

References


Anwar Jajanul, Damanik Sengli J, Hisyam Nazaruddin, Whitten Anthony J, 1984. Ekologi Ekosistem Sumatera. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Bengen, D.G, 1999a. Ekosistem dan Sumberdaya Alam Pesisir. Pusat Kegiatan Sumberdaya Pesisir dan Lautan, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

---------, 1999b. Pedoman Teknis Pengenalan dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove. Pusat Kegiatan Sumberdaya Pesisir dan Lautan, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Dahuri, 2004. Fungsi Ekologis dan Fungsi Sosial Ekonomi, Jakarta.

Nybakken, J. 1992, Biologi Laut Suatu Pendekatan Ekologi, Penerbit PT. Gramedia Jakarta.

Osgood, C.G.J Suci and Tannembaum, P.H, 1975. Semmantic Differensial Technique.

Singarimbun, Masri dan Sofian Efendi, 1989. Metode Penelitian Survey. LP3ES, Jakarta.

Sudjana, 1992. Metoda Statistika. Penerbit Tassito Bandung.

Teguh Suprapto, 2013. Mangrove Center Tuban, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Solo. Surakarta.

Winarno, Y., Suryono, F.,Rouben G dan Andils. 1994. Aplikasi Sistem Informasi Geografi Untuk Pemetaan Informasi Pembangunan, Makalah Seminar Remote Sensing dan Geographic Information System, BPPT, Jakarta.

------------------, 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2009 tentang, Pengelolaan Lingkungan Hidup..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.