RANCANG BANGUN CUK CONVERTER PADA KAPAL BOAT TENAGA SURYA MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) ANN-LEVENBERG MARGUARDT

Muhammad Taufiqurrohman, Daeng Rahmatullah

Abstract


Pembangkit listrik tenaga surya adalah salah satu pembangkit tenaga listrik alternatif yang banyak dikembangkan, panel surya sebagai pembangkit listrik terbaharukan, di masa mendatang akan semakin memiliki peranan penting sebagai pengganti energi fosil untuk memenuhi kebutuhan listrik. Penerapan yang belum dilakukan panel surya ini akan di aplikasikan pada kapal boat bertenaga listrik. Kendala utama dari panel surya adalah daya dan teganagn keluaran panel yang dipengaruhi radiasi matahari yang selalu berubah-ubah (Darmawan, 2010). Akibat tidak stabilnya tegangan panel surya tersebut baik diatas maupun dibawah dari standart tegangan pengisian baterai maka tidak akan terjadi pengisisan baterai dari panel surya. Pada penelitian ini peneliti merancang converter untuk memaksimalkan suplai daya panel surya dengan cara menstabilkan tegangan keluaran panel surya pada baterai sehingga pengisian daya menjadi optimal. Tipe converter yang digunakan adalah Cuk converter. Pada tipe converter ini bisa mengkontrol tegangan keluarannya naik dan turun hingga dua kalilipat diatas dan dibawah tegangan masukannya. Cuk converter akan ditanam Artifial Intelegence berupa Artificial Neural Network (ANN). Hal ini digunakan utuk mengenali besaran tegangan yang dikeluarkan panel surya dan mengkonversinya ketegangan standart pengisian baterai. Pada kasus ini kami stabilkan ditengnngan 14 Volt dengan cara mengatur duty-cycle dari switching Cuk Convereter. Dengan ANN yang tertanam didalam Cuk Convereter maka secara otomatis tegangan keluaran panel surya akan di konversi ke tegangan 14 Volt dengan daya yang paling optimal. Pada penelitian ini didapat nilai ripel tegangan pada cuk converter  ANN  yaitu 2,365% terhadap nilai tegangan refrensi 14 volt dibandingkan tanpa ANN sebesar 5,87% terhadap tegangan refrensi.

Keywords


Artifial Neural Network(ANN); Cuk converter; Penstabil tegangan

Full Text:

PDF

References


Argianto, R. A., & Winarno, I. (2017). Rancang Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid Antara-Solar-Cell Dan Thermoelectric Generator Teg Sebaga Sumber Energi Listrik Di Kapal Nelayan, 22–31.

Darmawan, D. (2010). Perancangan Maximum Power Point Tracker ( MPPT ) Untuk Panel Surya Menggunakan Konverter Cuk Dengan Metode Hill Climbing.

Ichwan, M., Husada, M. G., & M. Iqbal Ar Rasyid. (2013). Pembangunan Prototipe Sistem Pengendalian Peralatan Listrik Pada Platform Android. Jurnal Informatika, 4(1), 13–25.

Iradiratu. (2003). Penerapan Self Constructing Fuzzy Neural Network Sebagai Observer Fluksi pada Motor Induksi Tiga Fasa.

K. Akhmad. (2005). Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Penerapannya Untuk Daerah Teerpencil, 1(1), 1–34.

Santosa, A. W. B., & Mulyatno, I. P. (2014). Pemanfaatan Tenaga Angin dan Surya Sebagai Alat Pembangkit Listrik Pada Bagan Perahu. Kapal, 11(3), 108–116.

Saputra, M. A., Azis, M. F., & Aditia, E. (n.d.). Inovasi Peningkatan Efisiensi Panel Surya Berbasis Fresnel Solar Concentrator dan Solar.

Susanto, B. K. (2017). Desain dan Implementasi Konverter Cuk Dengan Induktor Terkopel Untuk Reduksi Ripple Arus Masukan.

Sutedio, Efendi, Z., & Mursyida, D. (2016). Rancang Bangun Modul DC – DC Converter Dengan Pengendali PI. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya - ITS, 1–5.

Triandini, A., Soeprapto, & Rif’an, M. (2014). Perancangan Battery Control Unit (BCU) Dengan Menggunakan Topologi Cuk Converter Pada Instalasi Tenaga Surya, 1–6.

Zulharry Rahman, A. P. (2014). Perancangan Regulasi Tegangan Sel Surya Berbasis Buck-Boost Konverter, 33–35.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.