IMPLEMENTASI PROSES LEARNING DAN RUNNING SISTEM KECERDASAN BUATAN (JARINGAN SYARAF TIRUAN) BERBASIS MIKROKONTROLER

Joko Subur

Abstract


Kecerdasan buatan (Artificial Intelligent) merupakan sistem kecerdasan yang dibuat oleh manusia dengan menggunakan pengolahan komputasi menggunakan komputer. Salah satu sistem kecerdasan buatan yang biasa diaplikasikan adalah kecerdasan buatan Jaringan Syaraf Tiruan. Proses komputasi pada jaringan syaraf tiruan pada umumnya menggunakan media komputer, dikarenakan saat proses komputasi tersebut diperlukan ruang memori yang cukup besar. Mikrokontroler adalah sebuah chip mikroprosesor yang memiliki ruang memori yang terbatas. Sehingga proses komputasi kecerdasan buatan tidak dapat sepenuhnya dijalankan di sistem mikrokontroler. Pada penelitian ini sudah dapat merancang dan membangun sebuah sistem mikrokontroler yang mampu menjalankan proses komputasi kecerdasan buatan jaringan syaraf tiruan sepenuhnya, yaitu proses learning dan running. Dengan menambahkan memori eksternal berupa SD Card pada sistem mikrokontroler,untuk menyimpan parameter pengaturan yang digunakan serta untuk menyimpan nilai bobot akhir dari proses learning dan mengambil data bobot akhir untuk digunakan proses running. Hasil ujicoba sistem kecerdasan buatan yang  dibuat  memiliki tingkat akurasi sebesar 71,42 %, untuk implementasi mengenali jenis warna objek.

Keywords


Kecerdasan buatan; Jaringan syaraf tiruan; mikrokontroler; proses komputasi; memori; bobot

Full Text:

PDF

References


Heri Andrianto, & Aan Darmawan, 2016, ”ARDUINO Belajar Cepat dan Pemrograman”, Informatika, Bandung

Jaka Prayudha, Darjat Saripurna, Nurcahyo Budi Nugroho, 2017, ”Implementasi Backpropagation Untuk Pengenalan Warna Garis Lintasan Robot Maze Solving Berbasis Arduino”, Jurnal SAINTIKOM Vol. 16, No. 2, Mei 2017

Kusumadewi, S, Hartati, S,. (2006), “Integrasi Sistem Fuzzy dan Jaringan Syaraf Tiruan”. ISBN: 979-756-124-1, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Setya Ardhi, 2015,”Penerapan Pelatihan Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Sistem Kontrol Umpan Balik Pada Buck Converter Switching Power Supply”, Seminar Nasional “Inovasi dalam Desain dan Teknologi” - IDeaTech 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.