PERAHU NELAYAN RAMAH LINGKUNGAN DENGAN MEMANFAATKAN ENERGI SURYA SEBAGAI SUMBER PENGGERAK

Iradiratu Diah P, Belly Yan Dewantara

Abstract


Indonesia merupakan Negara maritime yang sebagian besarnya adalah daerah perairan. Tentu pekerjaan sebagai nelayan banyak kita jumpai didaerah pesisir, namun penggunan perahu nelayan dengan bahan baku BBM tentu membuat biaya operasional nelayan bertambah, ditambah lagi BBM yang kian naik harganya. Saat ini sudah banyak pengembangan tentang energi terbarukan, salah satunya adalah energi listrik dengan memanfaatkan energi matahari. Penerapan teknologi panel surya sudah banyak diterapkan seperti sebagai penerangan jalan, mobil listrik dan juga memungkinkan digunakan sebagai penggerak perahu. Penggunaan panel surya pada perahu nelayan sebagai penggerak utama tentu juga akan menggantikan jenis penggerak berbahan BBM dengan penggerak bersumber tenaga listrik. Ini tentu menjadi kelebihan dibanding mesin perahu nelayan dengan menggunakan penggerak konvensional (diesel) yang dapat menimbulkan suara bising yang merambat ke dalam air laut, sehingga ikan bergerak menjauhi perahu. Pada paper ini dirancang perahu nelayan dengan menggunakan penggerak motor listrik dengan sumber listrik tenaga surya. Motor DC sebagai penggerak perahu tidak menimbulkan suara bising dan tidak membuat ikan menjauh dari perahu nelayan. Penerapan sumber listrik ramah lingkungan menggunakan tenaga matahari untuk sumber listrik pengisian baterai motorĀ  sehingga penggunaan perahu nelayan dapat lebih lama dan nelayan tidak perlu khawatir kehabisan daya listrik selama panel surya mendapat paparan energi matahari.

Keywords


Panel Surya; motor DC; energi terbarukan; perahu nelayan

Full Text:

PDF

References


G.N.Tiwari dan Swapnil, Dubey. 2009. Fundamentals of Photovoltaic Modules and Their Aplications.

Jha, A.R. (2010). Solar cell technology and applications, Taylor and Francis Group, LLC. London

Jovendra. Heru., 2012. Rencana Bangun Kendaraan Listrik dengan Memanfaatkan Potensial Tenaga Surya. Skripsi. Universitas Indonesia.

Tiwari, G. N., & Swapnil, D. (2009). Fundamentals of Photovoltaic Modules and Their Aplications.

Winarni, D. (1997). Studi tentang perencanaan pada Kalimas dan hubungannya dengan perilaku masyarakat disekelilingnya, ITS-Surabaya.

Captain, D. R. Derrett. (2001). Ship Stability for Masters and Mates, Fifth edition, Butterworth Heinema.

Sarwono. (1990). Analisa Kualitas Sel Surya Sebagai Pembangkit Tenaga Listrik Skala Laboratorium, ITS-Surabaya.

F, Lumenta. (1997). Optimasi Dalam Penentuan Ukuran Pokok kapal-kapal Rakyat Di Maluku, Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Universitas Pattimura, Volume 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.