INVENTARISASI BENTUK LAMBUNG KAPAL TRADISIONAL DI GRESIK – JAWA TIMUR

Fathur Akhmad Rezki, Arif Winarno, Putri Dyah Setyorini

Abstract


Sebagian wilayah Kabupaten Gresik merupakan daerah pesisir pantai, dimana banyak ditemukan kapal nelayan tradisional. Pada proses pembuatan kapal tradisional tidak menggunakan data dan perhitungan desain yang baku sehingga belum sesuai dengan standar yang ada. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk lambung kapal tradisional yang sesuai dengan aturan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) dengan cara inventarisasi. Terdapat 3 pembahasan yang dilakukan yaitu: ukuran lunas, jarak antar gading, dan tebal kulit luar. Metode y.ang digunakan adalah mengambil data kapal di Gresik Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan pengambilan 10 data kapal dari masing-masing 3 kecamatan yaitu Kecamatan Panceng, Kecamatan Ujung Pangkah, dan Kecamatan Gresik. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk lambung kapal tradisional di Gresik, Jawa Jimur memiliki ukuran lunas yang tidak memenuhi standar BKI, untuk jarak antar gading juga tidak memenuhi standar BKI, sedangkan untuk tebal kulit luar telah memenuhi standar BKI.

Keywords


kapal tradisional; lambung kapal; Biro Klasifikasi Indonesia (BKI); Gresik

Full Text:

PDF

References


Abdul Azis Karim, Mansyur Hasbullah, & Andi Haris Muhammad . 2011. Kajian Dimensi dan Model Sambungan Konstruksi Kapal Kayu Produksi Galangan Rakyat di Kabupaten Bulukumba.

Biro Klasifikasi Indonesia 1996. Buku Peraturan Klasifikasi dan Konstruksi Kapal Laut : Kapal Kayu. Jakarta: Biro Klasifikasi Indonesia. IDN.

Pemerintah Kabupaten Gresik. 2018. Kabupaten Gresik:https://www.gresikkab.go.id/

Ronald M H, Syaifuddin, & Jonny Zain. 2014. Buku Ajar : Rancang Bangun Kapal Perikanan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.