ANALISA PENAMBAHAN SPRING PRESSURE PLATE SEBAGAI USAHA MEMPERPENDEK IGNITION DELAY TIME TERHADAP PERFORMANCE DIESEL ENGINE

Hadi Prasutiyon, Toto Soeharmono

Abstract


Penambahan plat pada pegas injektor adalah untuk menambah tekanan kerja fluida bahan bakar untuk mengangkat jarum nozzle. Hal tersebut untuk mengetahui pada tekanan injeksi nozzle hingga di dapat performance yang baik, selanjutnya dilakukan pengujian langsung pada motor diesel. Pengujian dilakukan pada konstan speed variabel beban. Data hasil percobaan akan diolah untuk mendapatkan karakteristik motor diesel yang berupa: daya, sfoc dan effisiensi thermis. Penambahan plat pada sisi pegas injektor mempunyai akibat pada panjang pegas kondisi terpasang menjadi pendek. Pengujian menunjukkan bahwa hubungan tersebut adalah linear yaitu jumlah plat sebanding dengan tekanan kerja pegas injektor. Penambahan satu plat mengakibatkan penambahan 5 bar. Pengoperasian diesel engine percobaan dapat dikatakan lebih effiesien jika menggunakan tekanan injektor 120 bar. Hal tersebut telah dibuktikan pada sisi jumlah bahan bakar yang dibutuhkan dan daya yang dihasilkan.

Keywords


pegas injektor; performance; diesel engine

Full Text:

PDF

References


Adji, Motor Bakar, Publikasi Persatuan Pelaut Indonesia, 1986

Aris Munandar, A dan Tsuda K, Motor Diesel Putaran Tinggi, Pradnya Paramita, Jakarta, 1983.

Bartox, Willian dan Sarofim, Adel F, Fosil Fuel Combustion, A Source Book, John Willey and Son, 1991.

Heywood, John B, Inter4nal Combustion Engine Fundamental, Mac-Graw-Hill International, 1989.

Heinshall, S.H., Medium and Hight Speed Diesel Engine for Marine Use, Institute Of Marine Enginer, 1983.

Gandhi H. J. E, Shingley & L.D. Mitchell, Perencanaan Teknik Mesin, Erlangga, 1994

Karyanto, E., Teknik Perbaikan, Penyetelan, Pemeliharaan, Trouble Shooting Motor Diesel, Pedoman Ilmu Jaya, Jakarta , 1986.

Obert, E.F., International Combustion Engine, International Texbook Company, 1968.

Schulz, Erich J, Diesel Mecanic Second Edition, Gregg Devision/ McGraw-Hill Company, 1983.

Tobolt, Willian K, Diesel Fundamental, Service, Repair, The Goodheart-Wollcox Company , 1973.

Sudik. Perbandingan Performa Dan Konsumsi Bahan Bakar Motor Diesel Satu Silinder Dengan Variasi Tekanan Injeksi Bahan Bakar Dan Variasi Campuran Bahan Bakar Solar, Minyak Kelapa Dan Minyak Kemiri. Skripsi S-1. Fakultas Teknik.Universitas Negeri Semarang. Semarang. 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.