ANALISIS HUMAN ERROR SEBAGAI PENYEBAB KECELAKAAN TUBRUKAN KAPAL DI AREA PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE HFACS DAN AHP

Dheo Cakra Satya Putraman, Ketut Buda Artana, Trika Pitana

Abstract


Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya merupakan salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia. Dimana pelabuhan Tanjung Perak menduduki posisi pelabuhan terbesar kedua setelah pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta. Pelabuhan Tanjung Perak juga memegang posisi yang sangat penting dalam proses penyaluran logistic dari Indonesia bagian barat ke Indonesia bagian timur. Berdasarkan laporan tahunan dari PT. Pelindo III gerbang utama pelabuhan Tanjung Perak akan melalui pintu utama di area APBS dengan lebar 100 meter dan juga panjang sepanjang 25 Nm. Pada tahun 2017 terdapat pergerakan kapal sebanyak 26901 dan akan terus bertambah setiap tahunnya. Dengan area yang sempit dan juga pergerakan kapal yang sangat padat, akan dapat meningkatkan terjadinya kecelakaan tubrukan kapal di area ini. Berdasarkan laporan dari Mahkamah Pelayaran, penyebab kecelakaan kapal di dominasi oleh adanya faktor manusia atau human error. Oleh karena itu metode Human Factor Analysis and Classification System (HFACS) akan digunakan pada penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya human error. Klasifikasi didapatkan berdasarkan kajian dari data-data kecelakaan tubrukan kapal pada tahun-tahun sebelumnya. Pada metode ini didapatkan bahwa faktor tertinggi penyebab adanya human error terletak pada level pre-condition for unsafe acts sebanyak 9 faktor, unsafe supervision sebanyak 6 faktor, unsafe acts sebanyak 5 faktor dan 4 faktor pada level organizational influences. Kemudian masing-masing faktor akan dibobotkan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk mengetahui bobot tertinggi pada masing-masing penyebab human error pada kecelakaan tubrukan kapal di area pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Keywords


Kecelakaan tubrukan kapal; human error; HFACS; AHP

Full Text:

PDF

References


Sumarsono, S., Nurhadi, N. & Yuana, B.R., 2018. Studi Kecelakaan Kapal Pada Alur Pelayaran Barat Selat Madura, Tanjung Perak, Surabaya. Info-Teknik, 18(2), pp.215–234.

Wildan, M. & Supomo, H., 2018. Analisa Risiko Proses Pengapungan Kembali pada Kapal Tenggelam di Perairan Tanjung Perak. Jurnal Teknik ITS, 7(1), pp.2337–3520.

Saaty L.T., 1993. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin, Proses Hierarki Analitik untuk Pengambilan Keputusan dalam Situasi yang Kompleks. Pustka Binamana: Presindo

Komite Nasional Keselamat Transportasi, 2016., Media Release Akhir Tahun 2016. Jakarta: Kementrian Perhubungan

Komite Nasional Keselamat Transportasi, 2017., Media Release Akhir Tahun 2016. Jakarta: Kementrian Perhubungan

Yildirum U., Ersan B., Ozkan U., 2017., Assessment of Collisions and Grounding Accident with Human Factor Analysis and Classification System (HFACS) and Statistical Methods. Journal of Safety Science.

Lady L., Putri M., Ani U., 2014., Kajian Kecelakaan Kapal di Pelabuhan Banten Menggunakan Human Factors Analysis and Classification System., Jurnal Rekayasa Sitem Industri Col.3, No 2, 2014 Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

W Lucky A., Sardono S., Badrus Z., 2015., Analisis Human Error Terhadap Kecelakaan Kapal Pada Sistem Kelistrikan Berbasis Data di Kapal., Jurnal Teknik ITS Vol. 4, No 1, (2015).

Shapell, S.A and Wiegman, D.A., 2001., A Human Error Analysis of Commercial Aviation Accidents Using the Human Factirs Analysis and Classification System (HFACS). Journal of Transportation. U.S. Department of Transportation: Virginia

Chuvin, C., Lardjane, S., Morel, G., Glostermann, J.P.,Langard, B., 2013., Human and Organizational Factors in Maritime Accidents: Analysis of Collisions at Sea Using the HFACS. Accid. Anal. Prev. 59, 26-27.

Karahalios, H., 2014. The Contribution of Risk Management in ship management: the case of ship collisions. Safety Science. 63., 104-114


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.