PENGARUH VARIASI JARAK POROS PROPELLER YANG BERBEDA PADA KAPAL IKAN TRADISIONAL KM. SRI MULYO DI BRONDONG LAMONGAN

Muchamad Fachrul Rozi, Arif Winarno, Muhammad Riyadi

Abstract


Kabupaten lamongan tepatnya di daerah brondong terdapat kapal ikan KM. Sri Mulyo dengan 3 mesin penggerak utama, dimana mesin tersebut menggerakkan 3 poros propeller yang berfungsi mendorong kapal untuk dapat beroperasi dilautan. Poros tersebut memiliki ketidakakuratan dalam menempatkan jarak poros yang semestinya dilakukan. Ketidakakuratan tersebut mempengaruhi aliran fluida kapal yang berpotensi pada daya dorong kapal (thrust). Dalam hal ini dilakukan penganalisaan terhadap jarak poros propeller kapal dengan membuat 3 model percobaan dengan bertujuan untuk mendapatkan daya dorong (thrust) yang lebih optimal. Percobaan model 1 ialah kondisi nyata (real) dilapangan dengan posisi jarak poros kanan 0,95 meter ke poros tengah dan posisi jarak poros kiri 1 meter ke poros tengah. Percobaan model 2 dengan variasi (maksimum) penambahan 15 centimeter dari model pertama. dan percobaan model 3 dengan variasi (minimum) pengurangan 15 centimeter dari model pertama. Percobaan model atau simulasi dilakukan dengan software ANSYS 14,5 untuk mengetahui hasil daya dorong (thrust) dan tahanan kapal total dengan metode Harvard. Dalam simulasi model 1 didapatkan tahanan total kapal sebesar 15,5477914 kN, thrust kapal sebesar 24,2672609 kN dan thrust propeller sebesar 19,1711361 kN, kemudian simulasi model 2 didapatkan tahanan total kapal sebesar 15,0678853 kN thrust kapal sebesar 23,5182152 kN dan thrust propeller sebesar 18,57939 kN. kemudian simulasi model 3 didapatkan tahanan total kapal sebesar 15,6597348 kN thrust kapal sebesar 24,4419841 kN dan thrust propeller sebesar 19,3091674 kN. Maka hasil thrust yang paling optimum merujuk kepada model ke 3 dengan tahanan total kapal sebesar 15,6597348 kN kN thrust kapal sebesar 24,4419841 kN dan thrust propeller sebesar 19,3091674 kN.

Keywords


Daya dorong (thrust); Poros propeller; Jarak poros; variasi model; KM. Sri Mulyo

Full Text:

PDF

References


Adji, W. Suryo. 2005. Engine-Propeller Matching.

Fenidita, Elliyana Cut, Dkk. 2017. Analisa Kecepatan Dan Daya Kapal Ikan Tradisional Penggunaan Wilayah Batam, Kepulauan Riau. Batam : Mechanical Engineering study Program. Batam Polytechnics Kepulauan Riau.

Froude, W. 1955. Observations and Suggestions on the Subject of Determining by Experiment the Resistance of Ships”, The Papers of William Froude, The Institution of Naval Architect. London

Fyson, J. 1985. Design of Small Fishing Vessel. Fisheries Industries Officer (Vessel). Fisheries Industries Division. FAO. Italy.

Harvald, Sv. Aa. 1992. Tahanan dan Propulsi Kapal. Surabaya : Airlangga University Press.

Kusnadi. 2006. Filosofi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir. Bandung – Humaniora

Nomura, M. Yamazaki, T. 1977. Fishing Techniques I. Japan International Coorperation Agency. Tokyo.

Nursalim. 2018. Analisa Gaya Dorong Kapal Tunda DPS IX Karena Adanya Penambahan Propeller Bebas Putar Dengan Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics (CFD). [Tugas Akhir]. Surabaya : Program Studi Teknik Sistem Perkapalan. FTIK-Universitas Hang Tuah.

Permana, Sheillawati. 2014. Alat dan Kapal Penangkap Ikan. [Modul Praktikum] Bandung : Laboratorium Teknologi Manejemen Ilmu Penangkapan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Padjadjaran.

Prayitno, Muhamad M. E. 2012. ANALISA TEKNIS OPTIMALISASI SISTEM PROPULSI KAPAL IKAN MENGGUNAKAN CVT GEARBOX. [Tugas Akhir]. Surabaya : Jurusan Teknik Permesinan Kapal. PPNS-ITS.

Pujo, Imam M, Dkk. 2012. Analisa Investasi Kapal Ikan Tradisional Purseiner 30 GT. [Tugas Akhir] Semarang : Program Studi Teknik Perkapalan. Fakultas Teknik. Universitas Diponegoro.

Sembiring E Digitec Hugo, Dkk. 2016. Pengaruh Jarak Rudder Dan Propeller Terhadap Kemampuan Thrust Menggunakan Metode CFD (Studi Kasus Kapal Kriso Container Ship). Program Studi Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik. Universitas Diponegoro

Soekarsono, N.A. 1995. Pengantar Bangunan Kapal dan Ilmu Kemaritiman. PT. Panator Presindo. Indonesia.

Trifanda, Ardian Mei. 2018. Analisa Panjang Poros Pada Kapal Perintis 2000GT Terhadap Re-Desain Lay-Out Kamar Mesin. Surabaya : Program Studi Teknik Sistem Perkapalan. FTIK-Universitas Hang Tuah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.