KARAKTERISTIK REFRIGERAN R-22 PADA SISTEM PENDINGIN RUANGAN DI KAPAL

Urip Prayogi

Abstract


Refrigeran R-22 merupakan zat yang mengalir dalam mesin pendingin (refrigerasi) atau mesin pengkondisian udara (AC). Zat ini berfungsi untuk menyerap panas dari benda atau udara yang didinginkan dan membawanya kemudian membuangnya ke udara sekeliling di luar ruangan yang didinginkan. Refrigeran R-22 dalam siklus kompresi uap memiliki karakteristik yang perlu diketahui. Pembuatan alat percobaan sistem kompresi uap  kemudian melakukan uji coba dengan mengisi refrigeran R-22.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik refrigeran R-22 sistem pendingin kompresi uap. Untuk itu melakukan percobaan dengan membuat sistem pendingin dengan refrigeran R-22 dengan menempatkan pressure gauge dan thermometer pada bagian yang akan diukur tekanan dan suhunya. Dari percobaan yang telah dilakukan didapatkan refrigeran R-22 mengalami proses de-superheating, temperature refrigeran tetap 48,33 ˚C, tidak mengalami perubahan wujud, refrigeran masih dalam bentuk gas dan tekanannya tinggi yaitu 15,78 bar. Refrigeran R-22 memilik rasio kompresi terendah yaitu sekitar 3,70. sehingga penurunan prestasi kondensor dapat dihindarkan, selain itu dengan tekanan kerja yang lebih rendah, mesin dapat bekerja lebih aman karena kemungkinan terjadinya kebocoran, kerusakan, ledakan dan sebagainya menjadi lebih kecil.

Keywords


refrigeran R-22; karakteristik; sistem pendingin

Full Text:

PDF

References


Mahendra, Adrian M, Homzah,O.F (2015). Analisa perbandingan Kinerja Mesin Pendingin Air conditioner Kapasitas 2 HP Menggunakan Refrigeran R-22, R290, dan R407C. Jurnal Teknologi Pendingin dan Tata Udara. Politeknik Sekayu

Poetro, J.S Handoko, C.H. (2013). Analiasa Kinerja Sistem Pendingin Arus Searah yang Menggunakan Heatsink Jenis Extruded dibandingkan dengan Heatsink Jenis Slot. Jurnal Teknik Mesin Tahun 21 No.2 Oktober 2013. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Perkasa,D.P Putra, A B. (2015). Performansi Sistem Refrigerasi Cascade menggunakan MC22 dan R407F sebagai Refrigeran Ramah Lingkungan dengan Variasi Laju Penegeluaran Kalor Kondersor High Stage. Jurnal Teknik ITS Vol.4 No.2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Saksono Puji. 2017. Pengaruh Aplikasi Refrigeran Hidrokarbon Terhadap Performansi Mobile Air Conditioning. Jurnal Teknologi Terpadu No.1 Vol. 2 . Universitas Balikpapan.

Phie, F.X., Tanujaya, H. and Darmawan, S., 2017. Uji Eksperimental Mesin Pendingin Berpendingin Coolant Dengan Menggunakan Refrigeran R-22 Dan Refrigeran R407c. Poros, 13(1), pp.23-29.

Harman, H., Mukhlis, A. and Hamarung, H., 2017. Analisis Eksperimen Penggunaan Refrijeran R-22, R32, Dan Campuran R502-R407c Untuk Mengetahui Kinerja Ac Split. Dinamika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 9(1).

Pramudantoro, T.P., 2017. Pengaruh Variasi Massa Pengisian R290 Sebagai Refrigeran Pengganti R-22 Pada Kinerja Freezer. ReTII.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.