ANALISA GANGGUAN TEGANGAN JATUH PADA SYSTEM KELISTRIKAN TERTUTUP KAPAL DYNAMIC POSITIONING DENGAN SKALA LABORATORIUM

Sardono Sarwito, Semin Sanuri, M. Badrus Zaman, Soedibyo Soedibyo, Indar Ranu Kusuma, Prasetyawan Prasetyawan

Abstract


Kapal dengan dynamic positioning memiliki kemampuan khusus antara lain, menjaga posisi kapal pada lokasi yang ditetapkan, mengikuti refrence point untuk bergerak sesuai dengan jalur yang ditentukan dan pekerja lainnya. Beberapa pekerjaan kapal dengan dynamic positioning memiliki risiko tinggi jika terjadi kegagalan dalam hal ini kehilangan posisinya. Hampir seluruh peralatan penunjang dynamic positioning  merupakan instalasi kelistrikan, menurut data statistic tahun 1994-2003 kegagalan kehilangan posisi yang fatal akibat suplai daya sebesar 10,6% dan sistem elektrikal 6,1% (Li, 2013). Oleh karena itu kualitas tegangan listrik menjadi Salah satu faktor  penting pada sebuah sistem kelistrikan kapal. Buruknya kualitas tegangan yang dihasilkan dapat mengakibatkan penurunan keandalan sistem tenaga listrik dan dapat mengurangi lifetime dari peralatan listirk tersebut. Tegangan jatuh yang terjadi pada beban listrik di kapal sering dihiraukan oleh ABK dan jarang mendapat perhatian khusus. Pada penelitian ini dilakukan uji laboratorium tegangan jatuh untuk mengetahui tegangan jatuh. Uji laboratorium ini dilakukan pada beberapa konfigurasi suplai daya dan variasi beban. Hasil uji laboratorium didapatkan tegangan jatuh pada setiap skenario konfigurasi dan variasi beban. terdapat 2 skenario konfigurasi yang mengalami tegangan jatuh melewati standar IEC (+/-5%). Upaya perbaikan dilakukan pada semua skenario salah satunya skenario 3 konfigurasi suplai daya yaitu closed bus (dua generator thruster+satu diesel generator). Metode perbaikan dengan perhitungan penambahan kapasitor diterapkan pada beban bow thruster 1 dan 2, masing-masing sebesar 194.48 volt. Upaya ini meminimalkan tegangan jatuh yang terjadi pada bow thruster 1  5,5 % turun menjadi 2,7595 %, bow thruster 2 dari 5,5% turun menjadi 2,7595 %,

Keywords


Tegangan Jatuh; Voltage; Dynamic Positioning; Sistem Tertutup; Generator

Full Text:

PDF

References


American Bureau of Shipping, 2013. Guide for Dynamic Positioning Systems.

Arbi, S., 2017. Analisis Stabilitis Tegangan dan Frekuensi pada Microgrid AC Terhubung DG pada Mode Grid Connected dan Islanding. Fak. Teknol. Elektro Inst. Teknol. Sepuluh Nopember.

Asy’ari, H., 2011. Perbaikan Jatuh Tegangan dan Rekonfigurasi Beban pada Panel Utama Prambanan 5.

Berlianti, R., 2015. Analisis Motor Induksi Fasa Tiga Tipe Rotor Sangkar Sebagai Generator Induksi Dengan Variasi Hubungan Kapasitor Untuk Eksitasi. J. Nas. Tek. Elektro 4, 110–119. https://doi.org/10.20449/jnte.v4i1.135

Dharamjit, D.K, T., 2012. Load Flow Analysis on IEEE 30 bus System 2, 6.

Erhaneli, A.R., 2013. Pengaruh Penambahan Jaringan Terhadap Drop Tegagan Pada SUTM 20 kV Feeder Kersik Tuo Rayon Kersik Tuo Kabupaten Kerinci.docx.

Herdzik, J., 2013. Problems of propulsion systems and main engines choice for offshore support vessels 6.

Hermanto, Farid, sukmadi, 2013. Analisis Jatuh Tegangan dan Arus Hubung Singkat Pada Jaringan Tegangan Menengah PT RUM.docx.

Holvik, J., 1998. Basics of Dynamic Positioning. Presented at the Dynamic Positioning Conference, Dynamic Positioning Comitee, houston, p. 10.

Li, T., 2013. DP systems for offshore vessel positioning in deep water. Fac. Sci. Technol. Univ. Stavanger.

Sumanto, 1995. Motor Listrik Arus Bolak Balik.docx. jakarta.

Sutisna S, E., Mulyatno, I.P., Jokosisworo, S., 2017. Analisa Kekuatan Struktur Main Deck Sebagai Penumpu Towing Winch Pada Kapal OSV. Go Perseus Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga.

Wahyudianto, M.F., Sarwito, S., Kurniawan, A., 2016. Analisa Tegangan Jatuh pada Sistem Distribusi Listrik di Kapal Penumpang dengan Menggunakan Metode Simulasi. Fak. Teknol. Kelaut. Inst. Teknol. Sepuluh Nop. 5, 5.

wahyudy, F.R., Sarwito, S., Kurniawan, A., 2016. Analisis Arus Starting Transformator Pada Pengoperasian Container Crane di Pelabuhan.docx.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.