STUDI ALIRAN DAYA PADA SISTEM KELISTRIKAN KAPAL DYNAMIC POSITIONING DALAM SKALA LABORATORIUM

Sardono Sarwito, Semin Semin, M. Badrus Zaman, Soedibyo Soedibyo, Eddy Setyo K., Catur Rizaldi F.

Abstract


Peralatan yang menggunakan energi listrik di kapal sangatlah banyak, maka dari itu suplai yang tersedia harus dapat mencukupi kebutuhan pada kapal tersebut. Salah satu sistem yang membutuhkan energi listrik yang besar adalah sistem Dynamic Positioning, sistem ini merupakan teknologi yang berfungsi untuk mempertahankan posisi kapal pada sauatu titik yang telah ditentukan secara otomatis ataupun dengan kontrol manual. Dynamic Positioning menggunakan sensor gerak dan sensor posisi sebagai penyalur informasi perpindahan kapal ke komputer yang mengendalikan thruster dan rudder secara otomatis sebagai usaha untuk mempertahankan posisi kapal pada titik yang telah ditentukan. Sistem Dynamic Positioning menggunakan motor listrik yang terpasang dengan propeller sebagai thruster, maka dari itu dibutuhkan distribusi tegangan dan daya yang baik agar komponen bekerja optimal dan mencegah kerusakan pada sistem. Studi aliran daya pada sistem Dynamic Positioning dibutuhkan untuk memastikan daya dan tengangan yang di suplai dari generator-generator yang ada di kapal menuju beban atau motor listrik memenuhi standard yang telah ditentukan. Pada studi aliran daya sistem Dynamic Positioning  sistem tertutup ini dilakukan dalam skala laboratorium dengan memodelkan rangkaian dari kapal yang memiliki Dynamic Positioning  dengan peralatan laboratorium, dan juga dilakukan analisis terhadap besarnya rugi daya (losses) dan tegangan jatuh yang terjadi pada tiap jalur transmisi pada skenario yang telah ditentukan serta mencari apakah solusi yang dapat dilakukan untuk memperbaiki permasalahan yang muncul pada aliran daya yang terjadi pada sistem Dynamic Positioning.

Keywords


Aliran Daya; Load Flow; Dynamic Positioning; Electrical System; Losses

Full Text:

PDF

References


Adib Gustian Nigara & Yohanes Primadiyono. (2015). Analisis Aliran Daya Sistem Tenaga Listrik pada Bagian Texturizing di PT Asia Pasific Fibers Tbk Kendal menggunakan Software ETAP Power Station 4 . 0. Teknik Elektro, 7(1), 2–5. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/140428-ID-analisis-aliran-daya-sistem-tenaga-listr.pdf

Cerqueira, J. F., Corrêa, J. F., Lepkison, H., Bittencourt, A. C., Schnitman, L., & Jesus, A. B. (2002). Development of an Intelligent Distributed Management System for Automated Wells (SGPA). Proceedings - SPE Annual Technical Conference and Exhibition, 2361–2371. Retrieved from https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-1142302985&partnerID=40&md5=fdaa17b3c020d6e06bb993f0d67df5e5

classification of dynamics positioned vessels IMO.pdf. (n.d.).

Darwanto, R., Arifin, A. Z., & Ciptaningtyas, H. T. (n.d.). Klasifikasi Online Dokumen Berita Dengan Menggunakan Suffix Tree Clustering. Klasifikasi Online Dokumen Berita Dengan Menggunakan Suffix Tree Clustering, 1–8.

Elektro, J. T., Lhokseumawe, P. N., & Beban, K. (2014). Analisis Aliran Daya Tak Seimbang Pada Jaringan Distribusi Radial, (November), 1–7.

Holvik, J. (1998). Basics of Dynamic Positioning Basics of DP - Definition : Basics of DP ( model based systems ).

Prasetya, A. P., Hamid, A., & Nakhoda, Y. I. (2012). Analisis Perbandingan Sistem Pengasutan Motor Induksi 3 Fasa Sebagai Penggerak Pompa Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)

Wendit Malang. Jurnal Elektro ELTEK, 3(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.