IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP HARGA PEMBANGUNAN KAPAL BARU BERBASIS PENTAPLE BOTTOM LINE PLUS R

Eko Julianto, Ali Azhar

Abstract


Pembanguan kapal Coaster 2000 GT telah mengalami kebakaran di bangunan atas ruang penumpang ekonomi, yang berlokasi di salah satu galangan kapal nasional sehingga mengakibatkan keterlambatan penyelesaian kapal. Kondisi tersebut memerlukan penjadwalan ulang pada proses produksinya. Tujuan penelitian adalah menganalisis jadwal penyelesaian produksi dengan menggunakan Software Microsoft Project dengan metode Critical Path Method (CPM). Pengumpulan data primer dan sekunder dilakukan untuk mendapatkan data material, outfiting, sistem perpipaan dan kelistrikan. Pengolahan data menggunakan metode statistik deskriptif dibantu Software Microsoft Excel. Proses penjadwalan menggunakan Critical Path Method (CPM) pada Software Microsoft Project setelah itu menghitung Jam Orang (JO) lalu di deviasi  dengan jadwal yang sudah direncanakan oleh galangan dan jadwal yang sudah terealisasi.  Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu menentukan titik kritis agar pembangunan kapal terlambat, yang akan mempengaruhi pembangunan block-block selanjutnya. Hasil perhitungan deviasi waktu pengerjaan pembangunan block-block yang terbakar pada bangunan atas ruang penumpang ekonomi, waktu efektif pembangunan menggunakan metode Critical Path Method (CPM) dengan menambah waktu lembur 4 jam, dari 4 block dengan tota 33512 (JO) Jam Orang, sedangkan waktu tercepat penyelesaian pembangunan 13 hari, lebih cepat dibanding sebelumnya.

Keywords


Penjadwalan; Critical Path Method (CPM); Microsoft Project

Full Text:

PDF

References


Adm/hlz.2017. Inilah 25 Kapal Coaster 2000 GT Pesanan Kemenhub. (Translog Today). http://translogtoday.com/2017/10/01/inilah-25-kapal-coaster-2000-gt-pesanan-kemenhub. (30 Januari 2019).

Aji/hlz. 2017. Sudah Enam Kapal Coaster 2000 GT yang Diluncurkan Kemenhub. (translog Today).

http://translogtoday.com/2017/10/09/sudah-enam-kapal-coaster-2000-gt-yang-diluncurkan-kemenhub. (30 Januari 2019).

Azhar, Ali, 2002. Optimation Model of Planning Investment Dockyard with Approach Multi Objective Goal Programming. Makara Journal of Technology, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 113-118, oct. 2010. ISSN 2356-4539. Available at: . Date accessed: 22 May. 2019. doi:10.7454/mst.v6i3.114.

Badri, S. 1997. Dasar-Dasar Network Planing, PT Rika Cipta, Jakarta.

Bustamin , Nadjadji. 2015. Kajian Percepatan Penjadwalan Landing Craf Utility (LCU) Dengan Metode Simulasi Metode Carlo. Fakultas Tekni Sipil, Lingkungan dan Kebumian. Jurusan Teknik Sipil. Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.

Ezekil, Jermias, Pingkan, 2016. Penerapan Metode CPM Pada Proyek Konstruksi (Study Kasus Pembangunan Gedung Baru Kompleks Eben Haezar Mando). Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Sam Ratulangi Manado. Manado. Jurnal Sipil Statik Vol.4 No.9 September 2016.

Stevanus, Totok, Septia, 2017. Analisa Pengaruh Cooling Rate Pada Matrial ASTM A36 Akibat Kebakaran Kapal Taerhadap Nilai Kekuatan, Kekerasan dan Struktur Mikronya. Teknik Perkapalan. Fakultas Teknologi Kelautan. Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya. Jurnal Teknik ITS Vol.6, No. 1, (2017) ISSN: 2337-3539 (2301-9271 print).

Syahrizal dan Muhammad Rizki R. 2016. Evaluasi Penjadwalan Waktu dan Biaya Proyek Dengan Metode PERT dan CPM. Universitas Sumatera Utara. Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.