ANALISA PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PEKERJAAN DI BENGKEL FABRIKASI

Armedy Putra Fajar Reza, Intan Baroroh

Abstract


Dalam menjaga kondisi kapal agar tetap layak jalan sesuai standar Biro Klasifikasi Indonesia maka kapal harus rutin melakukan pengedokan. Bagian yang rawan mengalami kerusakan adalah plat lambung. Pekerjaan reparasi pembentukan bahan matrial pengganti plat lambung dipengaruhi oleh tenaga kerja di bengkel fabrikasi. Tenaga kerja merupakan salah satu tenaga penggerak yang berperan dalam pelaksanaan proyek reparasi dan permasalahan yang sering muncul di dalamnya adalah mengenai kurangnya kecekatan tenaga kerja selama bekerja, sehingga bisa menghambat pelaksanaan jadwal yang sebelumnya telah direncanakan (time schedule). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja dan hubungan kerja terhadap produktivitas tenaga kerja bengkel fabrikasi di PT Dok dan Perkapalan Surabaya. Metode yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan program SPSS 25. Jumlah subjek pada penelitian ini adalah 30 responden yang berkompeten dalam pekerjaan di bengkel fabrikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh antara motivasi kerja dan hubungan kerja terhadap produktivitas tenaga kerja bengkel fabrikasi di PT Dok dan Perkapalan Surabaya diterima dengan sumbangsih 20,2%. Hipotesis minor pertama ada pengaruh signifikan antara motivasi kerja terhadap produktivitas tenaga kerja bengkel fabrikasi diterima dengan sumbangsih 17,1%. Hipotesis minor kedua ada pengaruh signifikan antara hubungan kerja terhadap produktivitas tenaga kerja bengkel fabrikasi diterima dengan sumbangsih 8.8%.

Keywords


Bengkel Fabrikasi; Motivasi Kerja; Hubungan Kerja; Produktivitas Tenaga Kerja

Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. (2012). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mangkunegara, Anwar Prabu, 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Noor, J. (2014). Metodologi penelitian. Jakarta: Kencana Predana Media Grup.

Nursyahid M.S. 2015. Fabrikasi : Definisi dan Rangkaian Pekerjaan. http://www.cnzahid.com/2015/04/fabrikasi-definisi-dan-rangkaian.html[15 januari 2019]

Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi offset

Qudratullah, M. F. 2013. Analisis Regresi Terapan: Teori, Contoh Kasus, dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: ANDI

Sondang P Siagian, (2002). Produktivitas pekerja proyek : 2-3

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Suharto. 2015. Hubungan antara produktivitas pekerja dan teknik kerja terhadap kinerja graving dock di PT. Janata Marina Indah Semarang. Volume 1, No 2.

Supratiknya, A. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dalam Psikologi. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.

Sutrisno, Edy. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta; Prenada Media Grup, 2011

Yamin, S. dkk. (2011). Regresi dan Korelasi dalam Genggaman Anda, Jakarta: Salemba Empat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.