ANALISA BIAYA PERBAIKAN PADA SISTEM BAHAN BAKAR DAN SISTEM PENDINGIN (STUDI KASUS KAPAL KMP. SMS SWARAYA)

Irfan Aditya Pratama, Dwisetiono Dwisetiono, Bimo Darmaji

Abstract


KMP SMS SWAKARYA merupakan kapal tipe Ro-Ro yang beroperasi di pelabuhan Ketapang-Gilimanuk. Lancarnya kinerja dari mesin tidak lepas dari peran sistem pendingin dan sistem bahan bakar juga dibutuhkan perbaikan pipa yang biasanya dikerjakan di galangan kapal, galangan kapal mendapatkan pekerjaan tersebut dibantu oleh jasa konsultan perencana. Konsultan perencanaan perpipaan harus merencanakan tentang berapa biaya jasa dan jam orng (JO) yang dibutuhkan untuk perbaikan pipa Skripsi ini menyajikan perhitungan dan analisa biaya perbaikan pada sistem bahan bakar dan sistem pendingin (studi kasus kmp sms swakarya), untuk mendapatkan data baru digunakan metode scoring guna untuk mendapatkan nilai harga jasa baru sebagai acuan dasar pada konsultan jasa di FTIK khususnya dibidang perpipaan, pengolahan data dalam skripsi ini dibantu oleh software Mikrosoft Excel. Hasil dan perhitungan analisa biaya mendapatkan nilai jam orang (JO) total waktu dari bongkar pasang sistem pendingin dan bahan bakar 11003 menit dan data baru berupa biaya harga jasa tertingi yaitu pada perbaikan perpipaan sistem pendingin sebesar Rp. 169.976.487,50, pada perpipaan sistem bahan bakar sebesar Rp. 73.306.994,00, biaya harga jasa terendah pada perpipaan sistem pendingin sebesar Rp. 122.290.533,03, pada perpipaan sistem bahan bakar sebesar Rp. 5.358.863,00 dan juga didapatkan harga jasa sedang ini didapatkan dari antara harga jasa tertinggi sampai harga jasa terendah

Keywords


Perbaikan Pipa; Konsultan jasa; Biaya jasa; jam orang (JO)

Full Text:

PDF

References


Handoko, Agung T. 2014. Perhitungan Jam Orang General Overhoul Main Engine Pada Km Mayang Menggunakan Network Planning. Surabaya: Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan UHT.

Muhtadi, A. 2016. Studi Implementasi Reparasi Kapal Berbasis Keandalan Untuk Galangan Kapal. Surabaya: Fakultas Teknik Kelautan ITS.

Prodjosoewito, Bimo D. 2017. Teknologi Reparasi Motor Kapal. Surabaya: Universitas Hang Tuah Press.

Sasongko, B. dan Baroroh, I. 2011. Analisa Biaya Industri Perkapalan. Surabaya: Universitas Hang Tuah Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.