ANALISA INVESTASI KAPAL IKAN TRADISIONAL DI DESA PASONGSONGAN KABUPATEN SUMENEP

Moh Ainur Rohim, Intan Baroroh, Ali Munazid

Abstract


Pasongsongan merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Pasongsongan dan termasuk wilayah paling barat pantai utara di Kabupaten Sumenep dimana mayoritas penduduk umumnya berprofesi sebagai nelayan dengan menggunakan kapal ikan dengan jenis alat tangkap purse sein. Tujuan dari penulisan ini yaitu mengetahui jangka waktu pengembalian modal dan analisa investasi kapal ikan tradisional dengan jenis alat tangkap purse sein 15 GT untuk mengetahui layak atau tidaknya investasi tersebut dijalankan. Studi dilakukan dengan pengambilan data biaya investasi dan biaya operasional serta hasil tangkapan yang diperoleh dari nelayan pemilik kapal dan nelayan purse sein 15 GT di UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Pasongsongan. Perhitungan yang dilakukan untuk mengetahui jangka waktu pengembalian modal dengan menggunakan metode payback period (PP) dan metode yang digunakan sebagai pertimbangan analisis kelayakan investasi adalah net present value (NPV), benefit cost ratio (BCR), dan internal rate of return (IRR). Hasil analisis bisnis: nilai NPV RP 621,293,355,-., (NPV bernilai positif); BCR 1,70. (BCR > 1); IRR adalah 18,53% > i (i = 7%), dan payback period selama 4,86 tahun. Oleh karena umur ekonomis kapal 10 tahun maka dari sisi payback period-nya investasi investasi kapal purse sein 15 GT di Desa Pasongsongan, Kabupaten Sumenep dikatakan layak dilanjutkan dan dari sisi analisis kelayakan investasi dapat dikatakan menguntungkan karena melebihi kriteria kelayakan yang telah ditentukan pada metode tersebut


Keywords


Purse Sein 15 GT; NPV; BCR; IRR; PP

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2018. Kecamatan Pasongsongan dalam Angka 2018. BPS. Sumenep.

Baroroh I, Suwasono B, Munazid A. 2014. Analisis Kelayakan Finansial Mesin Pelembut Garam Samudra Non Iodium. Surabaya: UHT.

Cara Harian. 2019. Cara Menghitung Dengan Rumus IRR Yang Benar diakses pada 01 Juli 2019 melalui https://caraharian.com/

Dinas Kelautan dan Perikanan. 2006. Pengertian Dasar Kapal Perikanan. BBPPI. Semarang.

Diwantari. P. W. 2016. Analisa Ekonomi Teknik Investasi Proyek (Studi Kasus Pada Hotel Zodiak Lampung). Skripsi. Universitas Lampung.

Husnan. S. 1992. “Teori dan Penerapan Keputusan Jangka Panjang”, Manajemen Keuangan. Edisi 2. BPFE-Yogyakarta.

Khas Pasongsongan. 2018. Aspirasi Nelayan Pasongsongan diakses pada 18 Mei 2019 melalui http://khaspasongsongan.blogspot.com/

Munazid, A. & Suwasono, B. 2014.Pra-Perancangan Kapal Ikan Sebagai Sarana Pendidikan Pelayaran Bagi Siswa SMK/Akademi Kelautan Dan Perikanan (Studi Kasus Wilayah Penangkapan Provinsi Jawa Timur). Surabaya: UHT.

PT Proweb Indonesia. 2015. Penyusutan Metode Garis Lurus diakses pada 01 Juli 2019 melalui https://www.proweb.co.id/

Pusatdata Kontan. 2019. Suku Bunga Deposito diakses pada 01 Juli 2019 melalui https://pusatdata.kontan.co.id/

Rahmawan A. 2013. Kajian Usaha Penangkapan Ikan Menggunakan Jaring Lingkar (Mini Purse Sein) dan Strategi Pengembangannya di Kota Jayapura. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sinaga, S, & Sarangih, H, J. R. 2013. Studi Kelayakan Investasu Pada Proyek Dan Bisnis Dalam Perspektif Iklim Investasi Perekonomian Global: (Teori Dan Aplikasinya Dalam Menilai Investasi Modal Dalam Proyek Dan Bisnis). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sinaga. D. 2009. Studi Kelayakan Bisnis Dalam Ekonomi Global: Teori Dan Aplikasinya Dalam Evaluasinya Proyek. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sumarna M, Z. 2016. Analisis Kelayakan Investasi Alternatif Investasi Kapal Penangkap Ikan di Kabupaten Rembang. Surabaya: ITS.

Sunyoto. D. 2014. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi revisi. Penerbit Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Tim Dinas Kelautan dan Perikanan. 2009. Modul Peraturan Kapal-Kapal Penangkap Ikan. DISHUB. Sumenep.

Umar. H. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi revisi-3. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran

Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 Tentang Perikanan

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1964 Tantang Bagi Hasil Perikanan

Widi. G. 2015. Penyusutan Aktiva Tetap diakses pada 01 Juli 2019 melalui https://notegitawidi.wordpress.com/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.