PENINGKATAN PRODUKTIFITAS DAN KAPASITAS PRODUKSI GALANGAN KAPAL TRADISIONAL PACIRAN LAMONGAN SEBAGAI INDUSTRI KAPAL NASIONAL

Jaumar Dwi Firgananto, Minto Basuki, Maria Margareta Beu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksisting galangan kapal tradisional yang ada di daerah Paciran Lamongan. Hal tersebut di lakukan untuk menentukan kemampuan galangan kapal tradisional pada saat ini, penentuan kondisi eksisting dapat menjadi tolak ukur pertimbangan pengambilan keputusan dalam menentukan galangan mana saja yang dapat ikut serta berperan dalam pengadaan kapal penangkap ikan berskala nasional. Data-data  yang dipakai untuk analisis  didapatkan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan yaitu proyek pengadaan kapal dari tahun 2016 sampai tahun 2018 berjumlah 3.349 kapal dengan ukuran 5 GT - 30 GT. Kelengkapan data lain sebagai pendukung penelitian didapatkan secara langsung dari responden dan pemilik galangan kapal tradisional di Daerah Paciran Lamongan. Metode yang dipakai dalam penelitian menggunakan metode pendekatan teknis dalam menghitung produkfititas dan kapasistas produksi pembangunan kapal penangkap ikan pada galangan kapal tradisional. Hasil analisis didapatkan rata – rata kapasitas produksi kapal – kapal penangkap ikan, dengan tinkat produktifitas sebesar 157,25 JO/GT, kebutuhan kayu 1,304 mᶟ/GT, dan lama waktu pengerjaan 0, 952 waktu/GT. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa peningkatan produktifitas dan kapasitas produksi, perlu meningkatkatkan dalam hal lay out galangan, fasilitas galangan, manajemen galangan, sumber daya manusia, serta material.


Keywords


Industri Kapal Nasional; Tradisional; Produktifitas

Full Text:

PDF

References


Nurussalamun, 2018. Pengembangan Fasilitas Pendukung Kawasan Industri Perikanan Di Meskom Bengkalis. Surabaya.

Lukmandono, 2018. Minimasi Penggantian Cetakan Dengan Pendekatan Lean Manufacture & Singgle Minute Exchange Of Dies (SMED). Surabaya.

Mas Nabilah, 2018. Analisa biaya dan waktu project crashing pada pembangunan kapal baru. Surabaya.

T. Ohno, 1988. “Toyota Production System”, beyond large, Scale production, Cambridge.

Soeharto, I. 1995. Manajemen Proyek dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta; Penerbit Erlangga.

Maynar Muhammad, 2016. Studi Peningkatan Kemampuan Galangan Kapal Di Jawa Timur Untuk Mendukung Program Pengadaan Kapal Penangkap Ikan Nasional Oleh Kementerian Kelautan Dan Perikanan. Surabaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.