PERUBAHAN SIFAT FISIK DAN MEKANIK PADA PELAT GRADE A YANG MENGALAMI FAIRING PASCA TERJADINYA KEBAKARAN DI KAPAL

Fitra Adriansyah, Nur Yanu Nugroho

Abstract


Baja grade A atau A36 termasuk kedalam baja karbon rendah dengan komponen-komponen paduan yang terdiri dari karbon dan beberapa jenis paduan lainnya yang dapat mempengaruhi jenis serta sifat fisik dan mekanik dari baja tersebut. Sifat fisik dari baja terdiri dari berat, masa jenis, daya hantar panas dan konduktivitas listrik. Sedangkan sifat mekanik dari baja merupakan kemampuan baja tersebut memberikan perlawanan apabila diberian perlakuan pada baja tersebut. Atau dapat dikatakan sifat mekanik adalah kekuatan baja didalam memikul beban yang berasal dari luar. Pada kasus kali ini kebakaran merupakan salah satu penyebab terjadinya kerusakan pada material. Kebakaran dianggap sangat merugikan dikarenakan akibat dari kebakaran tersebut material pelat mengalami perubahan struktur, oleh karena itu material tersebut belum tentu dapat kembali digunakan pada proses pembangunan kapal. Dari masalah tersebut penelitian ini delakukan dengan variasi material pasca kebakaran, material pasca dengan perlakuan fairing dan material normal dengan perlakuan fairing. Dari berbagai pengujian fisik dan mekanik yang telah dilakukan, maka didapatkan kesimpulan bahwa ketiga variasi dari material tersebut sudah tidak layak lagi untuk digunakan dikarenakan memiliki nilai elongation yang memiliki penurunan yang sangat signifikan, sehingga tidak lagi mampu melewati batas minimal yang ditetapkan oleh BKI, meskipun nilai yield strength dan tensile strength masih diatas nilai minimal ketetapan BKI.

Keywords


Sifat Fisik dan Mekanik; Pelat Grade A; Fairing; Proses Kebakaran

Full Text:

PDF

References


American Society Of Testing and Material (ASTM), ASTM 2004 Standards. (2004).

Biro Klasifikasi Indonesia, PT. 2006. Rules for The Classification and Construction of Seagoing Stel Ships. Volume 2. Rules For Hull. Edition 2006. BKI. Jakarta

Septyan, EA. 2017. Sifat Fisik dan Mekanik Mild Steel Grade A Hasil Perbaikan Deformasi Dengan Metode Fairing Terhadap Variasi Diameter Nozzle [Skripsi]. Surabaya : Program Sarjana Universitas Hang Tuah.

Hasan, M.F. 2016. Analysis of Mechanical Behavior and Microstructural Characteristics Change of ASTM A-36 Steel Applying Various Heat Treatment. Journal of Material Science & Engineering, Vol.5, No.2, Hal.1-6.

Nugroho SA, Yulianto T, dan Sujiatanti SH. 2017. Analisis Pengaruh Cooling Rate Pada Material ASTM A36 Akibat Kebakaran Kapal Terhadap Nilai Kekuatan, Kekerasan dan Struktur Mikronya. Jurnal Teknik ITS. Vol. 6, No. 1, pp. 2337-3539.

Naharuddin., Sam, A., Nugraha, C. 2015. Kekuatan Tarik Dan Bending Sambungan Las Pada Material Baja SM 490 dengan Metode Pengelasan SMAW dan SAW. Jurnal Mekanikal, Vol.6 No.1, Hal. 550-555.

Raymond A Higgins. 1999. Engineering Metallurgy, Part I, Applied Physical Metallurgy. London: Six Edition, Arnold.

Sastranegara Azhari. Menggenal Uji Tarik dan Sifat-Sifat Logam. Teknik Mesin, Universitas Indonesia.

Sulaiman. 2010. Pengaruh Proses Pelengkungan dan Pemanasan Garis Pelat Baja Kapal AISI E 2512 Terhadap Nilai Kekerasan dan Laju Korosi [Tesis]. Semarang: Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Van, V. 2005. Ilmu dan Teknologi Bahan. Jakarta: Erlangga.

Zakharov, B. 1962. Heat Treatment of Metals. Peace Publisher. Moscow: 2nd Printing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.