SIFAT MEKANIK PENGELASAN SMAW PADA BAJA ASTM A36 TERHADAP VARIASI PREHEATING

Viktor Dana Primazda, Nur Yanu Nugroho

Abstract


Masalah yang timbul akibat proses pengelasan adalah terjadinya tegangan sisa berlebih akibat panas yang dihasilkan pada proses pengelasan, sehingga mengakibatkan terjadinya kerusakan atau cacat pada hasil las. Preheating yang dilakukan sebelum proses pengelasan bertujuan untuk mengurangi perbedaan temperatur spesimen agar tidak terjadi cacat las karena panas yang timbul pada saat pengelasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suhu preheating pada hasil pengelasan SMAW terhadap sifat fisik dan mekanik serta untuk mengetahui berapa temperatur preheating yang  sesuai diberikan pada baja ASTM A36. Pada penelitian ini, perlakuan yang diberikan oleh peneliti adalah pengelasan dengan suhu preheating. Pengelasan dilakukan dengan metode SMAW pada baja ASTM A36 dengan kampuh V 600. Variasi suhu preheating yang digunakan dalam penelitian ini adalah non preheating, variasi preheating 1000C, variasi preheating 2000C, variasi preheating 3000C. dari hasil pengelasan SMAW dilakukan pengujian dengan menggunakan uji kekerasan, dan uji struktur makro. Berdasarkan hasil pengujian struktur makro dapat diketahui bahwa spesimen dengan variasi preheating 2000C mendapatkan hasil terbaik dan pada hasil pengujian kekerasan menunjukkan bahwa nilai kekerasan mengalami peningkatan seiring ditingkatkannya temperatur preheating. Nilai kekerasan terbaik didapatkan pada temperatur preheating 200o C yaitu dengan nilai kekerasan 173,5 pada daerah HAZ.

Keywords


Preheating; Pengelasan SMAW; Sifat Mekanik

Full Text:

PDF

References


AWS, 1996, ANSI/AWS D1.1-96, Structural Welding Code: Steel, The American Welding Society.

Alip, M. 1989. Teori dan Praktek Las. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Fauzan, Habibi, (2015). Pengaruh Tekanan Dan Lama Plasma Nitriding Terhadap Kekerasan Dan Laju Korosi Baja Tahan Karat AISI 410, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Furqon, Rusyadi G., dkk. (2016). Analisa Uji Kekerasan Pada Poros Baja ST 60 Dengan Media Pendingin Yang Berbeda, Jurnal Teknik Mesin Uniska, Vol. 01,No. 02.

Wiryosumarto, 2000, Teknologi Pengelasan Logam, Pradnya Paramita, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.