KEKUATAN PEMASANGAN PROFILE BOTTOM SECARA SIMETRIS DAN ASIMETRIS DENGAN METODE ELEMEN HINGGA (STUDI KASUS KAPAL OCEANA CATAMARAN)

Vindy Junia, Nur Yanu Nugroho, Didik Hardianto

Abstract


Kapal katamaran memiliki dua lambung (U dan V) atau badan kapal yang dihubungkan oleh geladak atau briging platfor. Pemasangan bottom profile pada kapal Oceana Catamaran dilakukan dengan dua cara yaitu, Simetris dan Asimetris. Pemasangan Asimetris merupakan pekerjaan yang dilakukan dengan mengikuti bagian lambung kapal, Sedangkan Simetris dilakukan dengan mengikuti Frame Spacing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kekuatan pemasangan profile Bottom secara simetris dan asimetris pada Kapal Katamaran. Analisa dilakukan dengan Metode Elemen Hingga (MEH) berbasis software Autodesk inventor. Berdasarkan hasil analisa didapatkan sebagai berikut: (1) nilai von misses stress model profile bottom Asimetris 191,18% dari model profile bottom simetris. (2) nilai Maximum strain model profile bottom asimetris 185,71% dari model  profile bottom simetris, (3) nilai displacement model asimetris 123,35% dari model profile bottom simetris. (4) nilai berat model profile bottom asimetris 98,53% dari model profile bottom simetri.

Keywords


Profile Bottom Simetris; Profile Bottom Asimetris; Kapal Katamaran; Metode elemen hingga

Full Text:

PDF

References


Ardinsyah, F. 2018. Penggunaan Corrugated plate Sebagai Alternatif Pelat Berpengar pada Dinding Rumah Geladak Kapal (Studi kasus Kapal Perintis 1200 GT). Skripsi, Universitas Hang Tuah, Surabaya.

BKI, 2006. Peraturan Klasifikasi dan konstruksi kapal laut baja. Vol. 2 Sec. 4-5

Chrismianto, Arswendo A, Sobirin, 2014. Pengaruh Variazi Bentuk Hull Kapal Catamaran Terhadap Besar Hambatan Total Menggunakan CFD. Jurnal kapal. vol. 11, No. 2, hal 99

Manansang, D.2018. Perbedaan Waktu Proses Produksi Peletekan Bottom Profile Secara Asimetris dan Simetris. Skripsi, Universitas Hang Tuah, Surabaya.

Norman Yasser Arrazi, Imam Pujo Mulyatno, Wilma Amiruddin, 2015. Analisa Kekuatan Struktur pada Sambungan Deck dengan Lambung Bagian dalam Pada KMP. Catamaran dengan bahan Aluminium Alloy Akibat Pengaruh Gerak Heave Pitch dengan Metode Elemen Hingga. Jurnal Teknik Perkapalan. Vol. 3. No. 1, pp. 92-101

Sonief, A.As’ad.2003. ”Diktat Metode Elemen Hingga”. Malang: Universitas Brawijaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.