PENGARUH KELEMBABAN BASE METAL DAN ELEKTRODA TERHADAP SIFAT MEKANIK HASIL PENGELASAN SMAW BAJA KARBON A36

Jefry Eko Waluyo, Pramudya Imawan Santosa, Erifive Pranatal

Abstract


Pada kegiatan pembangunan kapal, kualitas hasil las sangat diperhatikan terutama pengkondisian benda kerja yang akan dilas dan pengkondisian elektroda yang akan digunakan. Namun tempat kerja yang terbuka terkadang menyebabkan tingkat kelembaban pada base metal dan elektroda meningkat. Sehinga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh tingkat kelembaban base metal dan elektroda terhadap sifat mekanik hasil pengelasan SMAW pada baja A36. Pengelasan menggunakan posisi 1G dengan arus 125 A dan tegangan 72 V menggunakan elektroda  E6013 berdiameter 4 mm. Dalam penelitian terdapat hasil tegangan tarik plat A36 yang digerindra yang terbesar adalah 640 Mpa dengan regangan tarik 7,5% menggunakan elektroda baru dan hasil uji tegangan tarik yang terkecil adalah 579,2 Mpa dengan regangan tarik 2,5% menggunakan elektroda basah. Sedangkan hasil uji tegangan tarik plat A36 yang digerindra dilembabkan semalaman yang terbesar adalah 691,2 Mpa dengan regangan tarik 10% menggunakan elektroda baru dan  hasil uji tegangan tarik yang terkecil adalah 153,6 Mpa dengan regangan tarik 2,5% menggunakan eletroda basah. Semakin lembab atau basah pada perlakuan base metal dan elektroda semakin mempengaruhi hasil nilai pada hasil uji tarik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kelembaban base metal dan perlakuan elektroda mempengaruhi hasil pengelasan SMAW.

Keywords


base metal; elektroda; sifat mekanik

Full Text:

PDF

References


Andik S., Prantasi H.T. 2017. Analisa Surface Preparation Pada Plat Baja ASTM A36,: jurusan Teknik Mesin . Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Arifin, S. 1997. Las Listrik dan Otogen. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Arsyari, D. 2007. Manajemen Pemeliharaan Mesin,: Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas darma Persada.

Febri R. 2017. Pengaruh Jenis Elektroda dan Arus Pengelasan Terhadap Kekuatan Tarik Pada Pengelasan Baja ST 41,: Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas nusantara.

Harsono W., Toshie O. 1986. Teknologi pengelasan Logam,: Pradnya Paramita

Rolland, T. A. 2017. Analisa Cacat Las Pada Pengelasan Butt Joint dengan Variasi Arus dan Posisi Pengelasan,: Teknik Perkapalan ITATS Surabaya

Wiryosumarto, H., 2004. Teknologi Pengelasan Logam,: PT. Pradya Paramita, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.