PENGARUH ARUS PENGELASAN GTAW TERHADAP KEKUATAN TARIK DAN CACAT PENGELASAN PADA ALUMINIUM 5083

Abdul Kadir, Minto Basuki, Soejitno Soejitno

Abstract


Aluminium A-5083 merupakan material pokok pada industri perkapalan, untuk kapal berukuran kecil, misalnya seperti kapal cepat, bangunan pada kapal cargo baja yang berukuran kecil, serta tangki pada kapal ikan. Salah satu penyambungan aluminium tersebut menggunakan jenis pengelasan TIG (tungsten inert gas) dengan jenis sambungan pengelasan double V butt joint 60o. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cacat pengelasan dan kekuatan tarik terhadap pengaruh variasi arus pada pengelasan GTAW pada aluminium 5083 pada posisi pengelasan down hand. Data-data yang dipakai dalam penelitian variasi arus pada pengelasan dimana arus yang digunakan adalah 80 ampere, 95 ampere, 125 ampere, dan 150 ampere sebagai acuan dalam pengelasan. Metodean alisis menggunakan cacat pengelasan menggunakan proses NDT dan kekuatan tarik menggunakan standar ASTM E8. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengujian tarik tingkat kekuatan pengelasan pada ampere 125 untuk ketebalan 6 mm dan pada ampere 95 pada ketebalan 4 mm adalah hasil yang paling optimal dibandingkan dengan variasi ampere yang lainnya. Sedangkan pada hasil pengujian cacat las rata-rata jenis cacat yang terjadi adalah tungsten inclusion dimana yang dipengaruhi oleh tungten yang sudah tumpul.

Keywords


GTAW; Aluminium 5083; Tensile Test; Cacat Las

Full Text:

PDF

References


Aljufri. (2008). "Variasi Sudut Kampuh V Tunggal Dan Kuat Arus Pada Sambungan Logam Aluminium-Mg 5083 Terhadap Kekuatan Tarik Hasil Pengelasan TIG." Universitas Sumatra Utara.

Cary, H. (1994). "Modern Welding Technologi, Prentice Hall, Englewood Clift," New Jersey.

E8/E8M-09, A. (2009). "Standard Specification For Aluminium And Aluminium-Alloy Sheet And Plat." USA.

Handbook AWS D1.2. (1997). "Structural Welding Code Aluminium."

Prayogo, D. R. (2018). "Analysisi Pengaruh Arus Pengelasan Terhadap Kekuatan Tarik Dan Truktur Mikro Terhadap Baja Ss 41 Pada Pengelasan GTAW," Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan VI 2018 Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Wiryosumarto Dan Okumura, T. (2000). "Teknologi Pengelasan Logam," Digital Library UNM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.