PENGHEMATAN BAHAN BAKAR KAPAL PENANGKAP IKAN UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN NELAYAN

Hadi Prasutiyon, Ahmad Arrisal Attaufiqul Ma'arif

Abstract


Nelayan kita identik dengan nelayan kecil, dulu mereka tidak pernah jauh sudah dapat ikan namun dengan marak dan bebasnya pukat hela (trawis) dan pukat tarik (seine nets), mereka tidak lagi mendapat ikan dengan mudah apalagi dengan jenis – jenis ikan tertentu seperti kakap merah, dll, dengan marak dan bebasnya alat tersebut, mereka sekarang perlu berlayar sangat jauh, padahal dengan berlayar jauh resiko menjadi lebih besar dan biayanya juga besar. Kegiatan operasi penangkapan ikan disamping mengetahui jenis – jenis ikan yang akan ditangkap,  keberadaannya dimana, dan bagaimana cara menangkapnya, cara menampung dan mengangkut, menyimpan, mendinginkan atau mengawetkan ikan dengan harapan  memperoleh hasil tangkapan yang maksimal adalah sebuah aktifitas yang tidak boleh dipandang sebelah mata.   Dalam rangka kegiatan diatas sekitar 70% biaya operasional penangkapan ikan di belanjakan untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar kapal. Bahan bakar kapal ini tidak hanya digunakan untuk mendorong kapal saja tetapi juga sebagai penggerak utama (prime mover) dari mesin bantu penangkapan, fasilitas pengawetan dan atau pemrosesan ikan hasil tangkapan diatas. Jika harga bahan bakar naik, maka biaya kebutuhan bahan bakar juga membengkak dan pendapatan nelayan menurun / merugi. Untuk menghindari hal – hal tersebut  maka perlu dilakukan upaya penghematan penggunaan bahan bakar. Kuantitas, kualitas, dan keuntungan secara ekonomi harus menjadi perhatian baik bagi nelayan maupun semua stakeholder yang berhubungan dengan aktivitas nelayan. Pemberdayaan nelayan kecil, pengelolahan yang sustainable, penghasilan devisa harus mencerminkan kedaulatan kelautan,  revitalisasi perikanan, kesehjateraan masyarakat khususnya nelayan. Juga perlu adanya political will dan political support dari semua elemen masyarakat baik pemerintah,pelaku usaha,nelayan,maupun stakeholder lainnya.

Keywords


nelayan; bahan bakar kapal; regulasi pemerintah

Full Text:

PDF

References


Ian Whitelegg, Richard Bucknall. Electrical Propulsion in the Low Carbon. Economy Low Carbon Shipping Conference, London 2013.

Alexander Andersson, Karl Logason. Feasibility study of hybrid propulsion systems for long-liner fishing vessels. Master’s Thesis in the International ,Master’s Programme Naval Architecture and Ocean Engineering. Chalmers University Of Technology. Göteborg, Sweden 2015.

Semin, Aguk Zuhdi MF, Beny Cahyono. 2015. Analisa Unjuk Kerja Mesin Kapal Berbahan Bakar Gas. Seminar Nasional Teori Dan Aplikasi Teknologi Kelautan (Senta’15). Surabaya, 2015.

Semin, Amiadji, Beni Cahyono. 2014. Air Fuel Mixing And Fuel Flow Velocity Modeling Of Multi Holes Injector Nozzle On CNG Marine Engine. 2nd International Seminar On Oncean And Coastal Enginering, Environment And Natural Disaster Management, Isoceen 2014.

Semin, Dayang, Aguk Zuhdi MF,I Made Ariana Dan Amiadji . 2012. Pengaruh Perubahan Compression Ratio Motor Diesel Menggunakan Bahan Bakar Gas Dan Efeknya Terhadap Power Dan Daya. Seminar Nasional Teori Dan Aplikasi Teknologi Kelautan (Senta’12). Surabaya, 2012.

Semin, Aguk Zuhdi MF Dan Hendra Septiawan, 2012. Aplikasi Bahan Bakar Gas Pada Motor Diesel Dan Efeknya Terhadap Tegangan Piston. Seminar Nasional Teori Dan Aplikasi Teknologi Kelautan (Senta’12), Surabaya, 2012.

Semin. Aplikasi Bahan Bakar Gas Pada Armada Maritime. Pidato Pengukuhan Untuk Jabatan Profesor Dalam Bidang Ilmu Teknologi System Perkapalan Pada Departemen Teknik System Perkapalan Fakultas Teknologi Kelautan, Institute Teknologi Sepuluh November, Surabaya, 26 juli 2017.

MB Zaman, H Prasutiyon, H Prastowo, Semin (2016). Technical Review Of Nuclear Technology AsThe Advanced Ships Propulsion, Asian Journal Of Applied Sciences 4 (3), 709-718.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.