KOMUNIKASI PEMASARAN JASA WISATA BAHARI DALAM MEDIA JARINGAN SOSIAL INSTAGRAM (Studi Pada Akun Instagram gililabak_madura)

Herman Herman, Winarto Winarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi aktivitas komunikasi pemasaran jasa wisata bahari dalam  media sosial Instagram. dan mengkaji efektivitas pelaksanaan komunikasi pemasaran jasa wisata bahari dalam media sosial Instagram.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Analisis isi kualitatif (qualitative content analysis), data yang digunakan adalah data aktivitas dan percakapan yang terkait dengan kegiatan komunikasi pemasaran di dalam media Instagram.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas komunikasi pemasaran jasa wisata bahari dalam media jaringan sosial Instagram, “gililabak_madura”  terdiri dari Periklanan, Pemasaran  langsung, dan Publisitas,  sedangkan fitur fitur  Instagram yang dimanfaatkan dalam aktivitas komunikasi pemasaran terdiri dari Foto, Video, Caption dan Sorotan. Aktivitas komunikasi pemasaran yang paling sering dilakukan adalah Pemasaran langsung, yang menawarkan jasa kepada para followers, dengan memanfaatkan fitur foto dan caption.Efektivitas komunikasi pemasaran dalam media sosial Instagram bisa kita lihat pada jumlah follower dan yang menyukai (like) postingan yang dilakukan dalam akun Instagram, jumlah follower gililabak_madura sebanyak 4.523 Orang dan rata rata kenaikan sebanyak 108 Orang. Saran kami untuk pengusaha yang akan memanfaatkan media Instagram harus aktif dan responsif dalam melakukan komunikasi pemasaran di media sosial Instagram untuk meningkatkan jumlah follower, sehingga semakin banyak follower semakin besar jangkauan pesan komunikasi pemasaran yang dilakukan dalam media sosial Instagram.


Keywords


Komunikasi Pemasaran; Media Sosial; Instagram; Wisata Bahari

Full Text:

PDF

References


Belch, George E. and M.A. Belch. 2004. Advertising and Promotion: a Integrated Marketing CommunicationPerspective. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Keenan, Andrew and Ali Shiri 2009. Sociability and Social interaction on social networking websites. Library Review. (Vol.58): 438-450.

Kotler, Philip,dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12, Jakarta: Indeks.

Lake, Laura. 2009. Understanding the role of social media in marketing (http://www.marketing.about.com/lr/social_media_marketing/775635/1/)

Laudon, Kenneth C. and Carol G. Traver, 2008. E commerce Business Technologie Society. Prentice Hall, Inc.

Libriyanto, Firmanda 2017. Marketing Komunikasi Wisata Pantai Nglambor (Studi Deskriptif Kualitatif Marketing Komunikasi Wisata Pantai Nglambor oleh Bintang Nglambor Snorkeling melalui Akun Instagram pantai_nglambor). Skripsi Prodi ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mayring,Philipp.2014. Qualitative Content Analysis: Theoretical Foundation,Basic Procedures and Software Solution. Klagenfurt Austria.

Nummelin, Maria 2015. Instagram as a Marketing Tool (A Qualitative Study on Social Media Marketing for Swedish Interior Design SMEs.).Master thesis in business Administration, Jonkoping University.

Sayre, Shay.2001. Qualitative methodes for :Market place research, California: Sage Publication.

Shimp, Terence A. 2007. Advertising,Promotion, and other Aspects of Integrated Marketing Communication.7th Ed. Thomson South Western.

Thackeray, Rosemary., et al. 2008. Enhancing Promotional Strategies Within Social Marketing Programs:Use of Web 2.0 Social Media. Health Promotion practice (Vol. 9 ):338-343

Utami, Mayrisa A. dkk 2016. Strategi komunikasi pemasaran SMB Telkom University tahun 2015/2016 melalui media sosial Instagram.Jurnal Sosioteknologi Vol.15. No.2, Agustus 2016.

http://tekno.kompas.com/read/2017/07/27/11480087/indonesia-pengguna-instagram-terbesar-se-asia-pasifik

http://citizen6.liputan6.com/read/3221861/mengulik-keindahan-pantai-gili-labak-sumenep-seperti-apa?source=search


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.