KAJIAN STABILITAS CRANE WAHANA ANGKUT ALPO SEBAGAI FUNGSI PROSENTASE KAPASITAS TANGKI BALLAST

Arifin Arifin

Abstract


Data SKK migas menjelaskan bahwa terdapat sekitar 449 anjungan lepas pantai yang umurnya lebih dari 30 tahun, dan bahkan sudah tidak berproduksi lagi. Dalam kaitannya dengan keselamatan pelayaran dan berdasarkan regulasi IMO, anjungan lepas pantai tersebut perlu untuk segera dibongkar atau dipindahkan. Dalam rangka untuk mendukung kegiatan pembongkaran dan pemindahan anjungan lepas pantai pasca operasi (ALPO), diperlukan suatu perencanaan dan analisis wahana agar dapat dipergunakan untuk melakukan tujuan tersebut secara efektif dan aman. Suatu kajian dengan metode pendekatan numerik dilakukan terhadap perencanaan wahana angkut ALPO yang berupa analisis stabilitas intact kapal pada berbagai kondisi operasional kapal terutama saat departure, loading dan arrival dengan mengacu pada kriteria stabilitas yang diberikan oleh DNV atau IMO. Khusus untuk kondisi loading, kajian dilakukan dengan memvariasikan pengisian tangki ballast dalam bentuk prosentase kapasitas tangki ballast. Dari kajian ini dapat diketahui bahwa wahana angkut ALPO yang direncanakan dapat memenuhi kriteria stabilitas intact, terutama untuk kondisi saat departure dan arrival.  Sedangkan untuk kondisi saat loading, kriteria stabilitas dapat dipenuhi pada kondisi pengisian 40% kapasitas tangki ballast kapal.


Keywords


Keselamatan Pelayaran; ALPO; Stabilitas Intact; Numerik; Ballast

Full Text:

PDF

References


IMO (1989), “Guidelines and Standard for the Removal of Offshore Installations and Structures on the Continental Shelf and in the Exclusive Economic Zone”, (IMO Resolution A.672 (16)).

Wahyono, S.K. (2007), “Indonesia Negara Maritim. Jakarta”: Teraju (Anggota IKAPI).

Budiman, A. (2010), “Pembinaan Wilayah Negara Untuk Kepentingan Pertahanan, Departemen Pertahanan”.

Thomas C. Gillmer and Bruce Johnson (1982), “Introduction to naval architecture”, E. & F. N. Spon Ltd.

DNV (2000), “Rules for Classification of Ships. Managing Risk – Electronic Rulebook”. Det Norske Veritas, Høvik, Norway

Ephraim M.E and Douglas, I. E. (1991), “Technical Report on Analysis and Design of Support System for Weatherford Gulf master G 1 5F Crane on the Anini- 1 Rig.

Gudmestad O.T., 2007, “Stabilitet, Lecture notes in Marine Technology”, University of Stavanger 2007


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.