PENILAIAN RESIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PROSES REPARASI DI PT. DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA

Niko Eka Sandy, Minto Basuki, Maria Margareta Zau Beu

Abstract


PT. Dok dan Perkapalan Surabaya merupakan salah satu perusahaan perkapalan besar di surabaya, dimana juga banyak pekerja yang bekerja pada perusahaan tersebut. Tak beda dengan perusahaan perkapalan lainya tentu masih banyak temuan resiko terjadinya potensi kecelakaan kerja yang luput dari pengawasan dan dapat mengancam pekerja kapan saja. Analisis menggunakan metode Hazzard Identification and Risk Assesment (HIRA) yang digunakan untuk mengendalikan kecelakaan kerja dan meminimalisir adanya potensi bahaya kerja yang ada pada PT.Dok Perkapalan Surabaya. Setelah dilakukannya penelitian dan analisis ditemukan beberapa potensi bahaya kerja dengan kategori nilai 1B, 2A, 2C, 3B, 3C, 4A dan  M atau Moderate Risk . Kategori  resiko tertinggi adalah pengecatan tidak menggunakan pengaman tali dengan nilai 4A dengan kategori E (resiko ekstrim) dan akses jembatan hanya menggunakan sebuah papan kayu dengan nilai 4B ketegori E (risiko ekstrim). Kemudian dianalisa menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA) dan ditemukan 7 penyebab dasar dari kedua risiko kecelakaan dengan nilai terbesar yaitu 1.Waktu yang ditarget penyelesaian pekerjaan, 2.Terkena tumpahan oli, air,dan thiner, dan 3.kurangnya kesadaran akan keselamatan kerja, sedangkan penyebab akar dasar atau kejadian dasar (basic event) dari risiko Akses jembatan hanya menggunakan sebuah papan kayu adalah 1.Kurang memperhatikan keselamatan kerja, 2.Pekerja yang dalam keadaan sakit, 3.Waktu yang ditarget penyelesaiannya, dan 4.pekerja yang menganggap remeh keselamatan kerja. Risiko-risiko tersebut dikendalikan dengan cara rekayasa (menambah pengamanan), pengendalian secara administrasi (pengawasan, pelatihan, rotasi), dan juga penggunaan alat pelindung diri.

Keywords


FTA; HIRA; Pengendalian; Risiko K3

Full Text:

PDF

References


Adzim, H.I., 2013, Pengertian dan Elemen Sistem Manajemen K3 (Keselamatan & Kesehatan Kerja), https://sistemmanajemenkeselamatankerja.blogspot.com/2013/10/pengertian-dan-elemen-sistem-manajemen.html?m=1

Alwi, A.F. dan Basuki, M, 2017, Penilaian Risiko K3L Pada Pekerjaan Reparasi Kapal di PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (PERSERO) Menggunakan Job Safety Analysis (JSA). Seminakel XII, Universitas Hang Tuah Surabaya.

Endraswara, D., Basuki, M. dan Indira Kusuma, I.P.A., 2017, Penilaian risiko proses bongkar curah kering menggunakan metode fmea (failure mode and effect Analysis) di PT. XYZ, Seminar Nasional Sains dn Teknologi Terapan V, Institut Teknologi Adhitama, Surabaya.

Koreawan, O dan Basuki, M., 2019, Identifikasi Bahaya Bekerja Dengan Pendekatan Hazard Identification Risk Assessment And Risk Control (HIRARC) Di PT. Prima Alloy Steel Universal, Seminar Nasional IENACO-2017, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

OHSAS 18001:2008. Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Stroch,R.L. 1995, Ship Production, Cornell Maritime Press, 2nd edition, Contreville, Maryland.

Susihono, W. dan Rini, F.A., 2013, Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dan Identifikasi Potensi Bahaya Kerja (Studi Kasus Di PT. LTX Kota Cilegon- Banten), Skripsi, Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.