BATTERY CONTROL UNIT (BCU) DENGAN TOPOLOGI CUK CONVERTER PADA INSTALASI TENAGA SURYA MENGGUNAKAN METODE FUZZY

Pramantya Dwisasena, Istiyo Winarno, Daeng Ramatullah

Abstract


Pembangkit listrik tenaga surya merupakan salah satu pembangkit tenaga listrik alternatif yang banyak dikembangkan, panel surya (solar panel) sebagai jenis pembangkit listrik terbaharukan di masa datang akan semakin memiliki peranan penting sebagai pengganti energi fosil atau energi tak terbaharukan. Kerisis suatu energi dan pemanasan global memaksa para peneliti mengembangkan sumber energi alternatif seperti panel surya yang bersifat terbarukan dan juga ramah lingkungan. Panel surya saat ini memberikan harapan menjadi sumber energi alternatif yang terbarukan.Di energy alam pemanfaatan energy matahari untuk menjadi sebuah energy listrik, dibutuhkan panel surya yang dapat merubah energy matahari menjadi energy listrik. Dikarenakan intensitas cahaya matahari yang berubah-ubah membuat tegangan output panel surya akan berubah-ubah sesuai dengan intesitas cahaya matahari, oleh sebab itu penggunaan cuk converter menggunakan algoritma fuzzy  supaya tegangan yang keluar dari panel surya tidak akan berubah-ubah. Dalam perancangan converter menggunakan topologi cuk menggunakan algoritma fuzzy, yang dapat menaikan dan menurunkan tegangan sumber dengan mengubah-ubah duty cycle,dan dapat menggurangi ripple pada keluaran panel surya sehingga life time pada battery akan menjadi lebih lama. Jadi converter ini dapat digunakan pada sumber energy alternative yang menghasilkan tegangan DC yang rendah seperti panel surya

Keywords


Cuk converter, panel surya, battery, Duty cycle, fuzzy

Full Text:

PDF

References


Darmawan, Dianggoro. 2009. Perancangan Maximum Power Point Tracker (MPPT) Untuk Panel Surya Menggunakan Konverter CukDengan Metode Hill Climbing. Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Oi, Akihiro. 2005. Design And Simulation Of Photovoltaic Water Pumping System. Tesis tidak dipublikasikan. San Luis Obispo: California Politechnic State University.

Sugiarto, I. & Lauw Lim Un Tung. Smart Charger NiCd Dan NiMh Dengan Teknik Pengisian Pulsa. Makalah dalam Auditorium Universitas Gunadarma. KOMMIT2004. Jakarta, 24-25 Agustus 2004.

Triandini, Annisa. 2013. Perancangan Battery Control Unit (BCU) Dengan Menggunakan Topologi Cuk Converter Pada Instalasi Tenaga Surya. Skripsi tidak dipublikasikan. Malang: Universitas Brawijaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.