RANCANG BANGUN SISTEM PEMBUKA KUNCI PINTU LABORATORIUM ELEKTRONIKA MENGGUNAKAN SIDIK JARI BERAUTENTIFIKASI

Ardhi Ryan Fanindra, Siregar T.P.

Abstract


Memanfaatkan perkembangan teknologi komputer dan elektronika yang begitu pesat, banyak solusi tercipta dapat mempermudah kehidupan manusia, salah satunya sebagai perangkat keamanan. Keamanan rumah khususnya pada pintu, sangatlah memerlukan perangkat keamanan yang baik. Penggunaan kunci manual, dapat diganti menggunakan salah satu bagian tubuh manusia yang unik seperti sidik jari. Sidik jari akan menambah keamanan dalam penggunaan akses kontrol pintu, karena setiap manusia pasti memiliki sidik jari yang berbeda. Fingerprint sensor adalah salah satu perangkat yang dapat menyimpan serta membandingkan sidik jari yang diinputkan dengan sidik jari yang telah tersimpan. Penggunaan mikrokontroler sebagai input/output yang sudah terpasang program pengendali, kemudian terhubung secara serial dengan fingerprint sensor agar dapat digunakan. Adanya peralatan seperti ultrasonik sensor sebagai pembaca jarak, solenoid door lock sebagai pengunci dan pembuka pintu, liquid crystal display (LCD) sebagai penampil pesan dan push button sebagai pembuka pintu dari dalam, akan menjadi solusi untuk mengganti kunci puntu manual. Dari hasil percobaan yang dilakukan, penggunaan peralatan-peralatan tersebut yang terhubung secara serial pada mikrokontroler dapat menambah keamanan pintu dengan menggunakan sidik jari sebagai kunci akses

Keywords


Biometrik, Solenoid door lock, Akses kontrol, adafruit fingerprint sensor

Full Text:

PDF

References


Dian Juli P. 2015. https://rulitekno25.wordpress.com/2015/05/25/perancangan-pengaman-pintu-menggunakan-sidik-jari/. Diakses 12 Mei 2018.

Nadif. 2014. Kunci Pada Brankas Menggunakan Sidik Jari, Semarang : Universitas Diponegoro

Gusti Ramakumbo A. 2012. Magnetic Door Lock Menggunakan Kode Pengaman Berbasis ATMEGA 328. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Arif, Aulia.2010. Cara Keamanan Pintu Menggunakan Password Berbasis Mikrokontroler At89s52. Jurusan Teknik Elektronika, Jakarta : Universitas Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.