ANALISA TEKNIS UNJUK KERJA MOTOR INDUK KM. CARAKA JAYA NIAGA III - 32 SEBELUM DAN SESUDAH DILAKUKAN PENGGANTIAN TURBOCHARGER

Havid Rambu Sinaga, Totoe Sudarmono

Abstract


Kapal Caraka Jaya Niaga III – 32 mengalami kerusakan turbocharger pada motor induk, karena suku cadang yang sulit didapatkan maka dilakukan penggantian turbocharger tipe ABB VTR 254 - 11. Penggantian tersebut menyebabkan perubahan unjuk kerja pada motor induk. Dalam penulisan tugas akhir ini dibahas bagaimana perubahan dan perbandingan motor induk akibat penggantian tersebut. Pengerjaan ini menggunakan perhitungan Grinevetsky-Mazing Method. Dari hasil perhitungan diperoleh hasil, unjuk kerja motor induk setelah penggantian turbocharger lebih bagus, dimana Tz lebih kecil 50 ⁰K dari sebelumnya, daya yang dihasilkan lebih besar 797 HP dari sebelumnya dan konsumsi bahan bakar lebih sedikit 22,2 g/Kw. Jam dari sebelumnya. Dan untuk persentase pengaruh suhu ruangan terhadap unjuk kerja motor, dari hasil perhitungan 2 ⁰C diperoleh 0,4 %  terhadap daya motor maksimum dan 0,2 % terhadap Tz maksimum. Sedangkan dari catatan log book kamar mesin yang menyatakan bahwa unjuk kerja setelah penggantian turbocharger lebih bagus, ini dapat dilihat dengan fuel rack yang sama 52 mm diperoleh putaran mesin yang lebih tinggi 20 RPM dari sebelumnya dan juga tekanan udara yang dihasilkan turbocharger juga lebih besar 0.5 kg/cm2 serta kecepatan servis yang dihasilkan juga lebih tinggi 3 knot dari sebelumnya

Keywords


Unjuk kerja, turbocharger, grivenetsky – mazing method, suhu ruangan

Full Text:

PDF

References


Arismunandar. W, 2002. Turbin Gas dan Motor Propulsi. Penerbit ITB.

Arismunandar. W, 1998. Motor Bakar Torak. Penerbit ITB.

Arismunandar. W, Koichi Tsuda, 1993. Motor Diesel Putaran Tinggi, Penerbit Pradnya Paramita, Jakarta.

Heisler. H, 1995. Vehicle and Engine Technology, Penerbit Butterworth-Heinemann.

Woodyard. D, 2004. Marine Diesel Engines and Gas Turbines, Penerbit Elsevier.

Petrovsky. N, Marine Internal Combustion Engine, Penerbit Moscow

Analisa Penurunan Daya Efektif Motor Diesel 8 UEC / 105 D Akibat gangguan Turbocharger MET 560 Pada kapal Container Regina [Skripsi]. Surabaya:Universitas Hang Tuah.

Analisa Pengaruh Keausan Pena Torak Terhadap Penurunan Daya Motor Penggerak Generator Merk MTU 8V 396 Pad KRI Kihajar Dewantara [Skripsi]. Surabaya:Universitas Hang Tuah

Pengaruh Oversize Silinder Liner Terhadap Daya Motor pokok pada KMP. Trisula bakti [Skripsi]. Surabaya:Universitas Hang Tuah.

Studi Model Matematis Pemakaian “Bypass” Pada Turbocharger VTR 254 A Motor Diesel Scoverging [Skripsi]. Surabaya:Universitas Hang Tuah.

Pemanfaatan Gas Buang Motor Diesel Dan Proses Perpindahan Panas Pada Destilator Air Laut [Jurnal Ilmiah Mustek Anim Ha Vol.3 No. 1, April 2014].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.