ANALISA TEKNIS DAN EKONOMIS PEMILIHAN SISTEM PEMANAS BAHAN BAKAR HFO KM. CAKRA KEMBAR SATU

Faruk Mubarok, Seto Sugito

Abstract


Permasalahan terjadi saat KM. Cakra Kembar Satu berlayar dari Bontang-Dumai yang menggunakan dua unit generator pada kondisi full away menyebabkan besarnya biaya operasional kapal. Dikarenakan oleh penggunaan sistem pemanas electrical heater pada settling tank dan service tank HFO yang mengkonsumsi bahan bakar pada generator cukup besar. Sistem pemanas yang ada di kapal sendiri terdiri dari electrical heater dan ketel uap. Namun pada saat ini sistem pemanas ketel uap tidak difungsikan. Ketel uap sendiri juga dilengkapi dengan dua sumber panas yaitu dari pembakaran bahan bakar Diesel Oil dan economizer yang memanfaatkan gas buang dari main engine untuk dijadikan sumber panas pembakaran ketel uap. Dengan dilaksanakan perhitungan teknis berdasarkan kebutuhan beban panas settling tank dan service tank HFO, beban panas yang dihasilkan electrical heater dan ketel uap, konsumsi bahan bakar generator terhadap electrical heater, dan konsumsi bahan bakar ketel uap. Maka didapatkan konsumsi bahan bakar sistem pemanas yang paling ekonomis ialah menggunakan kombinasi electrical heater dan economizer dengan total konsumsi bahan bakar sebesar 80,89 liter. Proses pertama menggunakan electrical heater dengan konsumsi bahan bakar ialah 65,18 liter saat pemanasan awal settling tank dan service tank HFO dari suhu 30oC - 100 oC dan 15,8 liter menunggu pendidihan ketel uap. Proses kedua maka electrical heater dimatikan menggunakan ketel uap  yang memanfaatkan gas buang main engine untuk menghasilkan uap ketel uap

Keywords


KM. Cakra Kembar Satu, sistem pemanas, electrical heater, ketel uap, economizer

Full Text:

PDF

References


BKI Volume III. 2016. Rules for Machinery Installation Handbook.

BKI Volume IV. 2016 Rules for Electrical Installation Handbook

Djokosetardjo M.J. 2006. Ketel uap. Jakarta : PT. Pradya Paramita..

Holman JP. 1986. Heat Transfer Sixth Edition. McGraw-Hill, Ltd.

Halliday D, dan Resnick R. 1991. Fisika jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Wicaksono. 2017. Analisa Teknis Pemanfaatan gas buang pada Mesin Induk kapal sebagai Pemanas Thermal Oil Boiler (Economizer) untuk Pemanas Tangki Ruang Muat Tanker “MT. DOA IBU”. (Laporan Tugas Akhir). Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.