PERENCANAAN ULANG SISTEM PROPULSI PERAHU PENYEBERANGAN GILI KETAPANG

Akbar Burhan Fadhlillah, Bimo Darmadi Prodjosoewito

Abstract


Sistem propulsi pada perahu merupakan salah satu sistem yang sangat penting, yang terdiri dari 3 komponen utama yaitu main engine, sistem transmisi dan alat gerak. Ketiga komponen tersebut merupakan suatu kesatuan yang tidak boleh salah dalam sebuah perencanaan. Perencanaan yang sesuai dengan standar klas tentunya akan meningkatkan keamanan dan kenyamanan sebuah perahu. Seperti pada perahu penyeberangan gili ketapang yang sistem propulsinya belum menggunakan standar klas. Terutama pada pondasi mesin dan sterntubenya. Berdasarkan permasalahan tersebut akan direncanakan ulang pondasi mesin dan sterntube yang sesuai dengan peraturan BKI khusus kapal kayu. Hasil perencanaan sesuai klas didapat tebal engine girder pada perahu penyeberangan Gili Ketapang sebesar 5,5 mm dan tebal plat alas 8 mm dengan kemiringan pondasi 80. Simulasi static structural menggunakan software ANSYS dengan gaya tekan 1764 N pada bagian atas pondasi mesin didapat tegangan minimum -1,5985MPa (warna biru) dan tegangan maksimum 2,1594 MPa (merah) yang dapat diterima pondasi. Diameter sterntube 146 mm dan panjang 1250 mm. Penambahan skeg untuk memperkuat konstruksi sterntube dengan kekuatan tekan maksimum 52,185 ton

Keywords


Sistem propulsi, Perahu, Gili Ketapang, Ansys, Tensile Strength, Pondasi mesin, Sterntube, Skeg

Full Text:

PDF

References


___. 2017. BKI Volume II section 1 Rules for Hull Handbook.

___. 1996. BKI Peraturan Kapal Kayu Handbook.

Adjie, Prijono Darma. 2011. Panduan Merancang: Sterntube. Surabaya: Universitas Hang Tuah Press.

Nugroho BA, Imam PM, dan Kiryanto. 2015. Analisa Kekuatan Struktur Pondasi Mesin dengan Interaksi Trust Block pada Kapal Ropax 5000GT dengan Metode Elemen Hingga. UNDIP. Vol 03, No 02 pp 295-297.

Prodjosoewito, Bimo Darmadi. 2014. Dasar Rancangan Ruang Mesin Kapal Niaga. Surabaya: Universitas Hang Tuah Press.

Slade, Stuart. 1998. Skeg Design. http://www.navweaps.com/index_tech/tech-014.php. Diakses berkala.

Suharto. 1991. Dinamika dan Mekanika Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wahyuddin, Mohamad. 2011. Karakter Kapal Ikan. http://kapal-cargo.blogspot.com/2011/05/kapal-ikan.html. Diakses berkala.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.