ANALISA PERBANDINGAN MANEUVER KAPAL TUNDA DPS IX YANG MENGGUNAKAN KORT NOZZLE TIPE ROTATION DAN FIXED NOZZLE

Erwan Adiyanto, Arif Winarno

Abstract


Kapal tunda DPS IX merupakan salah satu kapal yang sangat dibutuhkan keberadaannya di PT Dok dan Perkapalan Surabaya. Kapal ini digunakan di pelabuhan untuk membantu kapal tanker, kapal barang, maupun kapal-kapal samudra berukuran besar lain berlabuh sebagai pemandu dan mengatasi berbagai masalah di kawasan pelabuhan seperti penanganan kapal yang tenggelam, terbakar, dan lain-lain. Kemampuan Kapal Tunda dalam melakukan maneuver sangat di pengaruhi oleh gaya yang ditimbulkan dari Rudder.  Penelitian ini menggunakan bantuan Software ANSYS 19.0  untuk mengetahui gaya pada rudder dan perhitungan manual dengan metode slender body strip untuk mendapatkan nilai dari komponen-komponen maneuver dengan variasi sudut kemudi 100, 150, 35yang divalidasi menggunakan rumus gaya angkat (Lift Force) sebesar 2272,396 KN dan standar maneuver kapal (IMO).  Berdasarkan hasil perhitungan komponen-komponen Maneuver, Nilai Manuverability kapal dengan kort nozzle rotation mengalami penurunan nilai radius putaran pada semua sudut yang dianalisa dimana nilai Steady Turning Diameter terendah adalah kort nozzle Rotation 56,082 m pada susut 35o, Tactical Diameter 31,966 m , Advance  2,579 m dan Transfer 1,452 m. Sehingga dengan Hasil ini, waktu untuk kapal dalam melakukan maneuver menjadi lebih cepat

Keywords


rudder, kort nozzle, gaya angkat, maneuver, CF

Full Text:

PDF

References


Febrianto, Yoga. 2017. Engine Propeller Matching Pada Kapal Tunda DPS IX Dengan Mesin Induk CUMMINS NTA855-M [ Skripsi ] Surabaya : Universitas Hang Tuah.

Huda Nurul. 2013. Analisa Pengaruh Penggunaan Energy Saving Device Pada Propeller Dengan Metode CFD.Tugas Akhir, Semarang: UNDIP.

Mahaboob, Mohammad. 2014. Comparative Study of Maneuvering Performance of Conventional and Fishtail rudder of a ship, international Journal of Engineering and Technical Research, Andhra University Collage of Engineering : Visakhaptnam.

Wardana, P.I.K. 2012. TA. Komparasi Daun Kemudi terhadap Gaya Belok dengan Pendekatan CFD. Teknik Perkapalan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Van lammeren, W.P A., Troost, L. & Konig, J.G., 1948, Resistance Propulsion and steering of ship, the Technical Publishing Company, Holland.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.