PENGARUH PENAMBAHAN SPOILER PADA BURITAN KAPAL PATROLI KELAS III 28 M TERHADAP GAYA DORONG KAPAL

Syaifur Rahman, Arif Winarno

Abstract


Gaya dorong merupakan komponen yang sangat penting yang mana digunakan untuk mengatasi tahanan (resistance) atau gaya hambat kapal. Pada kondisi yang sangat-sangat ideal, besarnya gaya dorong yang dibutuhkan mungkin sama besar dengan gaya hambat yang terjadi dikapal. Sehingga diperlukan suatu penambahan spoiler pada buritan kapal dibagian depan propeller dengan menggunakan foil seri 4 simetris naca 0018 & 0024 simetris untuk menunjang kinerja dari kapal patroli. Metode yang digunakan untuk menyelasikan masalah diatas menggunakan bantuan software Ansys 19.0 Academic, dengan bertujuan mengetahui nilai thrust yang dihasilkan dengan adanya penambahan spoiler pada buritan kapal dibagian depan propeller.  Hasil simulasi Ansys 19.0 Academic didapatkan hasil tahanan pada model 1 sebesar 76,528 KN dengan thrust 93,326 KN. Pada model 2 didapatkan hasil tahanan sebesar 77,016 KN dengan thrust 94,921 KN. Dan pada model 3 didapatkan hasil tahanan sebesar 77,550 KN dengan thrust 94,573 KN

Keywords


Gaya dorong (Thrust), Spoiler, Naca seri 4 Simetris

Full Text:

PDF

References


Bertram, H. Schneekluth and V. 1998. Ship Design for Efficiency and Economy. Oxford Boston Johanesburg Mellbourne New Delhi Singapore.

Carlton, J. S. 2007. Marine Propellers and Propulsion. Global Head of MarineTechnology and Investigation, Lloyd’s Register: Oxford.

Harvald, Sv. A. 1983. Tahanan dan Propulsi Kapal. Surabaya :Airlangga University Press.

Jamal. 2007. Analisa Teknis Perubahan Kecepatan Kapal Akibat Perubahan Bentuk Buritan Dan Diameter PropellerKM TARIK “Amex-19”[ Tugas Akhir ] .Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh November.

Lubis, M. Mirsal. 2012. Analisis Aerodinamika Airfoil Naca 2412 Pada Sayap Pesawat Model Ttpe Glider Dengan Menggunakan Software Berbasis Computional Fluid Dinamic Untuk Memperoleh Gaya Angkat Maksimum. Jurnal e-Dinamis, Volume II, No. 2 September 2012. Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik. Universitas Diponegoro.

Muharom, WA. 2007. Analisa Tahanan Kapal Dan Simulasi Aliran Yang Melalui Lambung Kapal Akibat Penggunaan Keel Cooling System (Study Kasus Tug Boat “Arlita”). [ skripsi ] Surabaya : Universitas Hang Tuah.

Rozzaq, Firdianasyah. 2018. Analisa Teknis Perbedaan Tipe Kort Nozzle Pada Baling – Baling B 4-40 Series Studi Kasus Kapal Tunda DPS IX. Universitas Hang Tuah.

Sugianto, Erik dan Winarno, Arif. 2017. Analisa Tahanan Kapal Patroli X Menggunakan Metode Komputerisasi (Seminar Nasional Kelautan XII). Universitas Hang Tuah.

Susanto. 2013. Analisa Penurunan Kecepatan Kapal Patroli untuk Mendukung Operasi. Surabaya.

Susilo, Joko; Santoso, Agoes; & Musyiradi, Tony Bambang. Simulasi Penggunaan Fin Undership Terhadap Tahanan dan Gaya Dorong Kapal dengan Metode Analisa CFD. JURNAL TEKNIK POMITS Vol. 3, No. 2, (2013).

Wonggiawan, Febry; Budiarto, Untung; dan Rindo, Good. 2015. Studi Perancangan Hydrofoil Kapal Penumpang Untuk Perairan Kepulauan Seribu. Jurnal Teknik Perkapalan, Vol. 3, No. 1 Januari 2015. Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.