ANALISA MODIFIKASI BENTUK BULBOUS BOW TERHADAP LAJU ALIRAN FLUIDA PADA K.M QUEEN SOYA

Nur Ahmad Dani Nusantara, Arif Winarno

Abstract


Kapal K.M Queen Soya adalah kapal penumpang yang dibuat pada tahun 1992. Kapal ini juga digunakan untuk mengangkut barang dari wilayah samarinda dan wilayah makassar melalui lintas laut. Kapal ini mempunyai kendala ketika sedang berlabuh melalui lintas selat makassar, ombak yang tinggi membuat air masuk ke dalam deck dan oleh sebab itu modifikasi bulbous bow di lakukan yang bertujuan untuk mengurangi hambatan dan memecah gelombang. Modifikasi ini dilakukan pada K.M Queen Soya pada permukaan haluan kapal dengan di tambahnya tonjolan pada bagian bulbous bow untuk mengurangi tahanan yang terjadi pada permukaan haluan kapal, dikarenakan tidak adanya analisa khusus dari model modifikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan  menganalisa tahanan dan aliran,  dan dari hasil tersebut akan di bandingkan bulbous bow modifikasi dan bulbous bow standar. Pengujian ini menggunakan metode holtrop dan menggunakan pendekatan Computational Fluid Dinamic.  Hasil tahanan dan laju aliran  kapal yang diperoleh dari hasil simulasi dan perhitungan pada kecepatan 22,5 knot adalah 90,161 kN dan 16,542 m/s untuk bulbous bow standar dan untuk bulbous bow modifikasi 86,95 dan 17,321 m/s. Dari perhitungan tersebut di dapatkan kapal dengan bulbous bow modifikasi mampu mereduksi tahanan dan mempercepat laju aliran sebesar 1,03% dan 1,04% di bandingkan dengan bulbous bow standar

Keywords


Aliran, tahanan, bulbous bow, CFD, modifikasi, K.M Queen Soya

Full Text:

PDF

References


Harvald, SV. AA. (1983). Tahanan dan Propulsi Kapal. Diterjemahkan oleh: Jusuf Sutomo. Surabaya: Airlangga.

Hasbullah, Mansyur. 1978. Studi Pemanfaatan Bulbous Bows Terhadap Tahanan Pada Kapal Barang. Universitas Hasanuddin, Makassar.

Hamdan, Deny 2017. Analisa Penambahan Trim Tab Pada Kapal Patroli 36 Meter Terhadap Kecepatan Kapal. Universitas Hang Tuah. Surabaya.

J. M. Journee. 2000. Approximate Power Predicrion Merhod Oleh J. Holtrop And G. G.J. Mennen.

Romadhoni, 2017. Analisa Perbandingan Bentuk Lambung Bulbous Bow Kepala Hiu Martil Terhadap Hambatan Total Kapal. Politeknik Negri Bengkalis. Riau. Hal: 44-45, 46-47

Streeter, Victor L, dkk.(1988). Mekanika Fluida Edisi delapan jilid 1. Diterjemahkan oleh: Arko Prijino. Jakarta:Erlangga.

Schneekluth, H., and Bertram, V., 1998, Ship Design for Efficiency and Economy, Second Edition, Oxford, Inggris.

Allan’s, 2012. Pembangunan Model Dengan Maxsurf.Pro. Papua Barat.

Sungkar, Ali, 2012. Pengenalan CFD (Computational Fluid Dynamics). Department Teknik Mesin Universitas Indonesia, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.