ANALISIS MANUVER KAPAL PADA HALUAN AXE BOW MELALUI PENDEKATAN UJI COBA KAPAL PROTOTIPE

Aji Gunawan Sugandhi, Arif Winarno, Baharuddin Ali

Abstract


Kapal dengan tipe axe bow merupakan pengembangan dari inovasi enlarged ship concept yang didesain dan dikembangkan pada tahun 1995 oleh Delft University dan Damen Shipyard. Konsep axe bow sendiri merupakan re-design bentuk haluan kapal yang pada penelitian sebelumnya dapat memberikan nilai hambatan yang lebih rendah dibandingkan dengan haluan tanpa bentuk axe bow. Pada penelitian ini difokuskan pada evaluasi kriteria dan memperoleh parameter kapal axe bow berbasis eksperimen. Dengan menggunakan dua model haluan, antara lain bentuk haluan model A dan bentuk haluan model B. Diharapkan dapat membandingan titik efisiensi ketika kapal melakukan manuver turning circle.  Kapal prototipe ini dilengkapi oleh perangkat seperti sistem penggerak elektrik, propeller dan juga sistem penggerak rudder. Seluruh komponen instrumen terintegrasi secara keseluruhan di dalam kapal prototipe. Pengujian dilakukan di dalam manuevering ocean basin yang berada di Balai Teknologi Hidrodinamika. Pengujian manuver yang akan dilakukan yaitu turning circle dengan sudut 35 deg. Evaluasi kapal prototipe meliputi jarak advance, transfer dan tactical diameter pada masing – masing pengujian turning circle sesuai regulasi dari International Maritim Organization. Performansi pengujian turning circle 35 deg pada haluan model A diperoleh diameter putar sebesar 2.6 x Lpp, tactical diameter sebesar             2.4 x Lpp dan advance diameter 2.2 x Lpp. Sedangkan pada Performansi pengujian turning circle 35 deg pada haluan model B diperoleh diameter putar sebesar 2.8 x Lpp, tactical diameter sebesar 2.8 x Lpp dan advance diameter 2.5 x Lpp. Hasil pengujian telah sesuai dengan standar manuver yang diatur oleh IMO

Keywords


kapal axe bow, turning circle, IMO

Full Text:

PDF

References


Endro, Tristian, 2014. Aanalisis Seakeeping dan Manuvering Kapal Patroli Cepat Untuk Wilayah Timur [skripsi]. Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh November.

Harvald, Sv Aa. 1992. Tahanan dan Propulsi Kapal. Surabaya: Airlangga University Press.

Lewis, Edwards V. 1989. Principle of Naval Architecture Second Revision – Volume III Motions in Waves and Controllanility . The Society of Naval Architecture and Marine Engineers, Jersey City.

L. Moreira, & C. Guedos Soares. 2003. Dynamic model of manoeurability using recursive neural networks. Ocean Engineering, 1669-1697.

Marine Insight., 2010. The Maritime Industry Guide, [online], (https://www.marineinsight.com, diakses tanggal 10 Januari 2018)

Akbar, Ridho, 2014. Modelling of Warship Sigma Extended Class 3 Meter Scale Based on Experiment [Tesis]. Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Setiawan, Bayu Krisna dkk., 2016. Kapal Cepat Berbahan Bakar Dengan Sistem Kendali Jauh

Wicaksono, Maufiq Wahyu Tri, 2017. Analisa Bentuk Lambung Kapal Patroli 42 Meter Dengan Type Haluan Axe Bow [skripsi]. Surabaya. Universitas Hang Tuah.

........,”Manoeuvrability of Ships and Manoeuvering Standards”, IMO Resolution A.751(18)”, International Maritime Organization, London, 1993.

........,”Standards for Ship Maneuverability”, IMO Resolution MSC 137 (36)”, International Maritime Organization, London, 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.