PERENCANAAN AIRBAG SYSTEM PADA LAMBUNG KAPAL UNTUK PERTOLONGAN PERTAMA KECELAKAAN DI LAUT PADA KAPAL SPEED BOAT

Muhammad Habibi, Didik Hardianto, Bagus Kusuma Aditya

Abstract


Peningkatan aktifitas perekonomian mempengaruhi pula terhadap tingkat insiden kecelakaan pada transportasi laut terutama pada kapal speed boat. selain masalah desain, akomodasi, teknologi, permesinan, dan sebagainya. seorang perancang harus memperhatikan masalah keamanan keselamatan pada kapal. Dalam penelitian ini bertujuan merencanakan airbag system pada area lambung kapal untuk mencegah terjadinya tenggelam pada saat kapal mengalami kebocoran. Untuk pengaplikasiannya pada kapal speed boat menggunakan data skunder dari PT. Binocal Persada dengan ukuran kapal sebagai berikut : Length (LPP) : 14,6 m, Depth (MLD) : 3,50 m, Breadth (MLD) : 1,70 m, Draught : 0,75 m, Displacement : 18 Ton, Vs : 11 Knots. Dengan menggunakan metode matematika teknik dan rumus empiris (pendekatan) akan merencanakan dimensi airbag system yang dapat mengapungkan kapal. Hasil penelitian ini didapatkan nilai dimensi  airbag system yang sesuai after peak sebesar 2,35 mᶟ, fore peak sebesar 1,57 mᶟ, port side dan starboad side masing sebesar 7,85 mᶟ dan telah di dapat daya apung total airbag sebesar  240,3 N untuk mengapungkan kapal sebesar    216,4 N. Dengan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa airbag system bisa di gunakan untuk pertolongan pertama saat kapal mengalami kebocoran di laut pada kapal speed boat

Keywords


Kapal Speed Boat, Airbag system, Daya apung kapal

Full Text:

PDF

References


Akbar, Muhammad. 2014. Study Tentang Pengawasan Operasional Kapal Speed Boat Oleh Sub Bidang Perhubungan Laut Dishubbudpar Dalam Meningkatkan Keselamatan Pelayaran Pada Dermaga Speed Boat Penajam Di Kabupaten Penajam Paser Utara. Jurnal. llmu Administrasi Negara, Universitas Mulawarman. Samarinda.

Dharmawirawan, D.A. 2009. Identifikasi Bahaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.

Husni, M. 2012. SRS Airbag, Sistem Keamanan Pasif pada Kendaraan. Malang.

KaretKontruksi. 2014. Fender dan Alat Penambat.

Laporan Analisis Tren Kecelakaan Laut, PT Trans Asia Consultants Nomor 002/STD/KNTR/KNKT/IV/09 tanggal 16 April Laut Tahun 2003 - 2008.

Pacific Marine &Indutrial. 1985. Marine Airbag, (http://www.pacificmarine.net/marine-deck/marine-air-bag.htm).

VEDC Malang. 2011. Modul SRS Airbag Ototronik, Malang.

Muhamma.P, Sutomo. 2012. Studi Jalur Evakuasi Pada Kapal Penyebrangan Antar Pulau, Jurusan Teknik Perkapalan, Universitas Hasanudin, E-mail: andi_haris@yahoo.com.

Sahlan, Bahruddin.A, Wibowo.H.N, Bisri.A, Adietya.B.A, 2016. Pengaruh Bentuk Lambung Kapal Terhadap Pola Aliran dan Powering pada Kapal Perairan dan Laut. Jurnal. Jurusan Teknik Perkapalan, Universitas Diponegoro. Semarang.

Sitorus, C.J.V. 2016. Jenis-Jenis Perlengkapan dan Peralatan Kapal. Jurnal. Program Study Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Sunardi. 2006. Unsur Kimia, Yrama Widya, Jakarta.

Syukri. S. 1999. Kimia Dasar I. Bandung : ITB.

Mairuhu, Thomas. 2010. Perubahan Bentuk Lambung Kapal Terhadap Kinerja Motor Induk. Jurnal.

Ucu, Rahim. 2012. Air Bag. (https://www.scribd.com/doc/93402704/1-Air-Bag)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.