ANALISA TAHANAN KAPAL PATROLI DENGAN HALUAN AXE BOW YANG TERVALIDASI OLEH PENGUJIAN MODEL

Bayu Kurniawan, Arif Winarno, Mahendra Indiaryanto

Abstract


Haluan sebuah kapal merupakan bagian yang paling besar mendapat tekanan dan tegangan, sebagai akibat dari benturan kapal oleh air dan ombak, terutama kapal patroli yang menggunakan bentuk lambung haluan Axe Bow. Penentuan tahanan kapal dilakukan terlebih dahulu sebelum menentukan gaya dorong, karena sebenarnya gaya dorong adalah efek akibat adanya tahanan kapal. Saat ini, penentuan tahanan kapal dilakukan dengan percobaan model kapal dengan skala yang lebih kecil (Towing Tank), Namun biaya yang dibutuhkan untuk melakukan eksperimen ini sangat besar Sehingga diperlukan suatu analisa perbandingan tahanan kapal patroli 60 meter yang menggunakan haluan Axe Bow dengan metode software dan uji model. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah di atas dengan pemodelan yang dibantu dengan Maxsurf, Computational Fluid Dynamics dan tervalidasi oleh pengujian Towing Tank. Dari hasil simulasi Maxsurf  yang telah dilakukan didapatkan nilai tahanan kapal sebesar 218,6 kN dengan kecepatan 32 knot, Dari hasil simulasi Computational Fluid Dynamics yang telah dilakukan didapatkan nilai tahanan kapal sebesar 295,161 kN dengan kecepatan 32 knot, dan dari hasil uji pada Towing Tank yang telah dilakukan didapatkan nilai tahanan kapal sebesar 227,74 kN. Jadi dari hasil tahanan kapal melalui software yang tervalidasi oleh uji model untuk kecepatan 32 knot adalah sebesar 227,74 kN lebih kecil 0,22% dari metode software. Terjadi penurunan tahanan dari metode CFD ke Towing Tank yang di sebabkan karena perbedaan pada coefisien, dengan metode CFD dan pengujian model

Keywords


Axe Bow, maxsurf, Computational Fluid Dynamics, towing tank

Full Text:

PDF

References


Harvard SA. 1992. Tahanan dan Propulsi Kapal. Surabaya: Airlangga University Press.

Susanto A. 2013. Analisa Penurunan Kecepatan Kapal Patroli untuk Mendukung

Operasi[Tesis]. Surabaya. Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut.

Sugianto, Erik dan Winarno, Arif. 2017. Analisa Tahanan Kapal Patroli X Menggunakan

Metode Komputerisasi (Seminar Nasional Kelautan XII). Universitas Hang Tuah.

Taufan. 2012. Tahanan Kapal[Tesis]. Makassar. Universitas Hasanuddin.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.