KAJIAN TEKNIS PERBANDINGAN KEKUATAN PROFIL L, I, & V DINDING RUMAH GELADAK : STUDI KASUS KAPAL PERINTIS 1200 GT

Anggi Denian Cahya, Didik Hardianto, Bagus Kusuma Aditya

Abstract


Berkembangnya teknologi konstruksi kapal berdampak besar bagi pemilihan material-material yang digunakan pada sebuah bangunan kapal, untuk mencapai struktur yang semakin ekonomis dengan keamanan struktur yang tidak perlu diragukan. Pada penelitian ini direncanakan dan dianalisa kekuatan dan nilai ekonomis meliputi berat material, luas ruangan dari tiga buah penegar yaitu penegar dinding menggunakan profil L, profil I dan profil V untuk rumah geladak. Untuk mendapatkan ukuran profil kapal printis 1200 GT menggunakan data sekunder dari PT. Dumas Tanjung Perak Shipyard berupa ukuran profil crew Deck dan Bridge Deck, selanjutnya dari data tersebut digunakan untuk menghitung modulus penampang profil L sebagai acuan dalam desain profil I dan V. setelah nilai modulus diketahui dari masing-masing profil, selanjutnya dilakukan permodelan 2D dan 3D pada Crew Deck dan Bridge Deck menggunakan software AutoCAD 2014, selanjutnya dilakukan simulasi pada model dari masing masing profil tersebut menggunakan software Ansys 14.5 untuk mengetahui kekuatan struktur banguan tersebut. Dari hasil simulasi didapatkan nilai tegangan maksimal dan minimal, serta dilakukan analisa perbandingan nilai ekonomis dari masing masing profil. Dari hasil analisa didapatkan nilai tegangan profil I lebih kuat 22,9% dibanding profil L, Profil V lebih kuat 31,7% dibanding profil L. Nilai ekonomis antara lain luas ruagan efektif profil Profil I lebih kecil 2,1% dibanding profil L, Profil V lebih luas 1,82% dibanding profil L. Berat material profil I lebih ringan 19,1% dibanding profil L, profil V lebih ringan 5,3% dibanding profil L. Harga material profil I lebih ekonomis 19,1% dibanding profil L, profil V lebih ekonomis 5,38% dibanding profil L.

Keywords


Penegar dinding, Profil, Modulus penampang, Kekuatan, Berat

Full Text:

PDF

References


Amanto, Hari. 1999. Ilmu Bahan. Bumi Aksara. Jakarta

Arham, Dedy Irwansyah 2011. Konstruksi Kapal II

Biro Klasifikasi Indonesia (BKI), Rules of Welding Vol. VI. 2015

Cooper, Kenneth G, 1980. Naval ship production: A claim settled and a framework built. Interfaces. Vol 10. No. 6. Hal 20-36.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS.

Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Mairuhu. Thomas, 2011. “KEKUATAN STRUKTUR KONSTRUKSI KAPAL AKIBAT PENAMBAHAN PANJANG”. Jurnal TEKNOLOGI, Volume 8 Nomor 1, 2011; 835 -843

Nurhali, Deddy, Eko. 2017. “Pengukuran Produktifitas Galangan dalam Pembangunan Kapal Perintis 1200 GT” Jurnal Teknik Perkapalan - Vol. 4

Pujo, Imam. 2012. “Strength Analysis of Container Deck Construction MV. Sinar Demak Efect of Charges Container Using Finite Element”.Vol 9.No.1.Hal 25

Setyawan, Andi 2017. Desain Instalasi Lampu Navigasi pada Kapal Perintis 2000 GT. Media Elektrika, Vol. 10, No. 1

SR Chandra. 2013. “Perancangan Interior Kapal Pesiar yang dapat Mengenalkan Pariwisata di Kota Luwuk-Sulawasi Tengah”. Skripsi S1 Program Studi Desain Interior, Universitas Kristen Petra . Surabaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.