ANALISA PERAMBATAN RETAK PADA KONSTRUKSI KAPAL MENGGUNAKAN FRICTION STIR WELDING

Erik Sugianto

Abstract


Pembuatan kapal umumnya menggunakan pengelasan fusi yang memiliki distorsi tinggi dan munculnya cacat karena peleburan logam. Kekurangan ini dapat diminimalkan dengan menerapkan las gesekan aduk atau friction stir welding (FSW), karena proses sambungan solid state dan di bawah suhu leleh. FSW biasa digunakan dalam pembangunan deck atau sisi kapal. Kemungkinan aplikasi FSW sangat tinggi, namun data tentang perambatan retak lelah atau fatigue crack grow (FCG) hampir tidak ada. Dalam penelitian ini, pelat aluminium 5083 H116 disambung menggunakan FSW. Hasil pengelasan diuji untuk tarik dan kelelahan. Hasil analisis menunjukkan bahwa laju retak awal dari yang tercepat sampai terlama adalah berturut-turut adalah FSW dua sisi (retak di heat affected zone (HAZ) advance),  FSW dua sisi (retak di HAZ retreate) dan base metal aluminium 5083

Keywords


kapal, FSW, perambatan retak

Full Text:

PDF

References


Anderson, T., (1995). Fracture Mechanics Fundamental and Applications, second edition. Texas. Department of Mechanical engineering Texas A & M University College Station

Bai, Y., (2003). Marine Structural Design. ELSEVIER.

Biro Klasifikasi Indonesia. 2009.

Khaled, T., (2005). An outsider looks at friction stir welding, ANM-112N-05-06.

Kumar, R., Varghese, S., dan Sivapragash, M., (2012). A Comparative Study of the Mechanical Properties of Single and Double Sided Friction Stir Welded Aluminium Joints. Saudi Arabia.

Mishra, R.S., dan Ma, Z.Y., (2005). Friction stir welding and processing. Materials Science and Engineering R 50 1–78.

Moreira, P.M.G.P., Jesus, A.M.P., Ribeiro, A.S., dan Castro, P.M.S.T., (2008). Fatigue crack growth in friction, stir welds of 6082-T6 and 6061-T6 aluminium alloys: A compariso. Portugal.

Padmanaban, G., dan Balasubramanian, V., ( 2009). Selection of FSW tool pin profile, shoulder diameter and material for joining AZ31B magnesium alloy – An experimental approach. Materials and Design 30 (2009) 2647–2656.

Paik, J.K., (2009). Buckling collapse testing of Friction stir welded aluminum stiffened plate structure, SSC 456 Ship Structure Commite.

Thomas, W.M., Nicholas, E.D., Needham, J.C., Murch, M.G., Templesmith, P., dan Dawes, C.J., (1991). Friction stir welding, international patent application No.PCT/GB92102203 and Great Britain patent application No. 9125978.8.

Yudo, H., (2008). Pengaruh penggunaan gas pelindung terhadap kekuatan tarik sambuangan butt pada material kapal aluminium 5083.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.