PEMETAAN SPASIAL DISTRIBUSI DAN SEBARAN RAJUNGAN (Portunus pelagicus) BERBASARKAN SIKLUS HIDUP DI PERAIRAN PANTAI KABUPATEN PANGKEP

Ihsan Ihsan, Muhammad Saenong

Abstract


Komoditas perikanan tangkap yang memiliki prospek cerah di Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan adalah rajungan (Portunus pelagicus). Penelitian ini bertujuan untuk memetakan secara spasial distribusi siklus hidup rajungan  di Perairan Pantai Kabupaten Pangkep. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan mengunakan analisis kesesuaian perairan, dan pemetaan menggunakan pendekatan pendekatan zonasi. Selanjutnya pemetaan dilakukan dengan analisis sistem informasi geografis. Hasil analisis kesesuaian distribusi dan sebaran rajungan  (P. pelagicus) secara spasial zoea terbentuk 3 kelas yakni kelas kepadatan “rendah” dengan luas areal 64.529,01 ha, kelas kepadatan “sedang” dengan luas areal 94.533,98 ha dan kepadatan “tinggi” dengan luas areal 43.801,64 ha. Peta sebaran kepadatan jenis megalopa, di peroleh luasan kelas kepadatan “rendah”luasnya 73.098,74 ha, kepadatan “sedang”luasnya 85.539,63 ha dan kepadatan “tinggi ”luasnya  44.220,81 ha. Peta Distribusi rajungan muda, hanya disajikan pada bagian Utara perairan pantai Kabupaten Pangkep karena pada saat sampling rajungan muda dilakukan tidak diizinkan survei menggunakan alat tangkap  mini trawl. Hasil kesepakatan nelayan alat tangkap mini trawl dengan nelayan lainnya hanya di perbolehkan beroperasi di bagian Utara perairan Kabupaten Pangkep. Untuk kriteria distribusi rajungan dewasa yang “Sesuai” dengan luas wilayah perairan adalah 89.131,37 ha, distribusi rajungan dewasa yang “Cukup Sesuai” dengan luas wilayah perairan adalah 109.164,87 ha, untuk kriteria distribusi rajungan dewasa yang “Tidak Sesuai” dengan luas wilayah perairan 4577,557 ha.

Keywords


Analisis, distribusi, sebaran rajungan, siklus hidup

Full Text:

PDF

References


Adam, I. Jaya, dan MF. Sondita. 2005. Model Numerik Difusi Populasi Rajungan

(Portunus pelagicus) di perairan Selat Makassar. Jurnal Ilmu-ilmu Perairan dan Perikanan Indonesia 13 (2):83-88.

Effendy. S., Faidar, Sudirman, E. Nurcahyono, 2006. Efektifitas Bakteri Probiotik Pada Produksi Masal Larva Rajungan Portunus pelagicus Linn. Makalah dipresentasikan pada Konferensi Nasional Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI) tanggal 6 – 8 Juni 2006 di Surabaya. Balai Budidaya Air Payau Takalar Desa Bontoloe Kec. Galesong Selatan Kab. Takalar – 92254, Sulawesi Selatan E-mail : saldyansah@yahoo.com.

Fachrul MF. 2007. Metode Sampling Bioekologi. Bumi Aksara. Jakarta.

Ihsan, 2015. Pemanfaatan sumberdaya rajungan (portunus pelagicus) secara berkelanjutan di perairan Kabupaten Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan. Disertasi. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Prianto E. 2007. Peran Kepiting Sebagai Spesies Kunci (Keystone Spesies) pada Ekosistem Mangrove. Prosiding Forum Perairan Umum Indonesia IV. Balai Riset Perikanan Perairan Umum. Banyuasin.

Suadela. P., 2004. Analisis Tingkat Keramahan Lingkungan Unit Penangkapan Jaring Rajungan (Studi Kasus di Teluk Banten). Skripsi. (tidak dipublikasikan) Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Suadela. P., 2004. Analisis Tingkat Keramahan Lingkungan Unit Penangkapan Jaring Rajungan (Studi Kasus di Teluk Banten). Skripsi. (tidak dipublikasikan) Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminakel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
Prosiding SEMINAKEL UHT by Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/index.